Pada umumnya pengguna komputer menyimpan file-file penting pada sebuah folder agar lebih mudah untuk mencari apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Perlu Anda ketahui jika setiap file memiliki ekstensi yang berfungsi sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis file tersebut. Akan tetapi beberapa pengguna komputer tidak mengerti apa maksud dari ekstensi tersebut.

Sebagai pemilik maupun pengelola website bisnis, Anda harus tahu beberapa jenis file yang umum digunakan untuk keperluan website tersebut.

jenis-jenis-file-yang-umum-digunakan

PNG (Portable Network Graphic)

PNG adalah salah satu format gambar yang menggabungkan kelebihan dari JPG dan GIF. Gambar tipe ini dapat menampilkan gradasi serta mampu mendukung hingga 24 bit warna. Jenis file PNG ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman website maupun desain blog. Format atau ekstensi gambar ini sangat cocok untuk latar belakang blog yang transparan.

JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)

Joint Photographic Expert Group atau biasa disebut dengan JPG berfungsi untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman website, multimedia, dan publikasi digital lainnya. Jenis file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file ini dapat menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Menariknya, file dengan ekstensi JPG mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan format file lainnya.

PSD (Photoshop Document)

Gambar yang menggunakan jenis file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. Format PSD juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan oleh Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

BMP (Bitmap Image)

BMP (Bitmap Image) merupakan format file grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. BMP mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit hingga 24 bit. Kelemahan jenis file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda juga dapat menyimpan gambar dalam berbagai mode warna, seperti RGB, Grayscale, Indexed Color dan Bitmap.

RAW

Jenis file yang menggunakan ekstensi RAW merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform. Jenis file ini mampu menyimpan 3 mode warna yaitu RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

Itulah tadi beberapa jenis ekstensi file yang biasa Anda butuhkan dalam mengelola website bisnis. Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi untuk memahami pengertian dan fungsi dari masing-masing jenis file tersebut, bukan?

Related posts: