Plugin adalah fitur tambahan yang digabungkan ke sebuah sistem untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem tersebut. Biasanya plugin-plugin ini akan memberikan fitur dan fungsi yang lebih beragam jika dibandingkan dengan fitur standar yang ada pada WordPress. Namun, untuk menambahkan plugin pada WordPress Anda tidak bisa sembarangan. Pasalnya plugin tetap harus dipilih secara selektif agar website bekerja lebih optimal dan terhindar dari bahaya malware atau script jahat yang terdapat dalam plugin tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih plugin yang baik untuk WordPress.

Kesesuaian Plugin dengan Versi WordPress yang Digunakan

Tips yang pertama dan harus Anda perhatikan dalam memilih plugin untuk WordPress adalah kompatibilitas plugin tersebut. Kesesuaian plugin dengan versi WordPress yang digunakan perlu diperhatikan karena pada umumnya plugin yang tidak kompatibel akan menimbulkan error terhadap website. Pastikan bahwa Anda telah memeriksa keterangan kompatibilitas plugin dengan versi WordPress agar website dapat bekerja secara optimal.

Adanya Dukungan Update

Keberadaan dukungan update dari pihak pembuat plugin harus diperhatikan agar Anda tidak salah dalam menginstal plugin. Hal ini dikarenakan banyak plugin-plugin yang dibiarkan begitu saja oleh pembuatnya dan tidak mendapatkan update. Jika kita memasang plugin ini maka akan sangat berbahaya bagi website Anda sendiri. Perlu menjadi catatan bahwa plugin yang baik akan selalu mendapatkan dukungan dan penambahan fitur-fitur baru dari pembuatnya sehingga aman untuk digunakan.

Lihat Berapa Banyak Jumlah Pengguna

Plugin yang digunakan oleh banyak pengguna tentu memiliki fitur dan dukungan yang baik. Akan tetapi, bukan berarti plugin yang sedikit pengguna tidak memiliki fitur dan dukungan yang cukup, hanya saja biasanya plugin itu memang kurang diketahui oleh banyak orang. Ada baiknya jika kemudian Anda memperhatikan rating dari para pengguna plugin tersebut.

Perhatikan Rating

Rating merupakan nilai kepuasan dari pengguna. Semakin baik rating yang didapatkan maka plugin tersebut memang memiliki fasilitas, fitur dan dukungan yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Plugin seperti inilah yang sebaiknya Anda install pada website.

Legalitas

Yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan saat memilih plugin untuk WordPress adalah tentang legalitasnya. Jika Anda ingin website Anda aman sebaiknya jangan menginstall plugin ilegal ataupun plugin hasil modifikasi, sebab Anda tidak tahu apa yang ada dalam plugin ini. Bisa-bisa di dalamnya terdapat malware, virus atau script jahat yang bisa mengancam keamanan website yang berakibat pada kemungkinan pencurian data-data penting.

Semakin selektif Anda dalam memilih plugin, maka website pun akan terhindar dari ancaman malware ataupun virus yang berbahaya. Semoga tips-tips tadi bisa membantu Anda menemukan plugin terbaik untuk WordPress ya!

Related posts: