Di dalam dunia bisnis, nama domain sangat penting untuk menentukan tingkat laku pasaran sebuah situs bisnis. Pemilihan nama domain ini biasanya dikaitkan dengan teknik SEO, walaupun sebenarnya teknik optimasi ini bukanlah yang tertinggi. Bagi Anda yang masih belum mengerti bagaimana cara menentukan nama domain untuk situs bisnis, inilah tips-tips jitu yang dapat membantu Anda.

Pilihlah Nama Yang Unik

Semakin unik nama domain tentunya akan semakin mudah dikenal oleh orang lain. Oleh karena itu, Anda terlebih dulu sebaiknya melakukan riset untuk nama-nama domain untuk situs bisnis kompetitor sehingga Anda dapat menciptakan nama yang unik dan belum ada sebelumnya.

Gunakan Nama Domain Yang Mudah Dihafalkan

Memilih nama domain yang mudah dihafalkan bisa dilakukan dengan mencari nama domain dengan tulisan yang mudah untuk diketik, dengan begitu orang akan mudah hafal. Semakin banyak orang menghafal tentunya mereka menjadi lebih mudah mengingat dan mengetik situs yang Anda miliki. Hindari untuk menggunakan nama yang panjang karena akan menyulitkan orang lain untuk mengingatnya.

Masukkan Keyword dalam Nama Domain

Salah satu langkah yang paling efektif dalam menciptakan sebuah nama domain adalah dengan memasukkan keyword bisnis Anda ke dalam domain. Misalnya, kami merupakan penyedia jasa hosting maka untuk lebih memudahkan orang mengenali kami, dibuatlah domain www.baxohost.com Dengan demikian pengunjung akan mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan.

Pilih Ekstensi Bisnis Yang Tepat

Untuk menentukan nama domain dengan ekstensi seperti (dot)co.id dengan  mencantumkan nama perusahaan adalah hal yang mutlak. Bahkan Anda juga bisa mematenkan nama domain menunjukkan bukti-bukti resmi yang terkait dengan perusahaan. Namun, untuk penggunaan situs non formal silahkan gunakan ekstensi yang lain. Terkait dengan ekstensi Anda juga bisa menentukannya sesuai dengan jenis usaha. Jika tidak sesuai dengan jenis usaha maka tentunya akan mengalami kesulitan pada pengoptimasian.

Gunakan TLD (Top Level Domain)

Ketika Anda menggunakan nama domain dengan kata yang sama, biasanya pengunjung akan mengakses situs berekstensi (dot)com terlebih dahulu. Untuk itu, Anda harus bisa memilih kata kunci jika bisa menggunakan ekstensi (dot) com. Hal tersebut dikarenakan ketika orang mencari sebuah URL maka yang biasa dicari adalah dengan ekstensi (dot) com.

Hindari Pemakaian Karakter Atau Simbol

Penggunaan karakter akan mempengaruhi kekuatan SEO sebuah situs, tapi jika terpaksa maka Anda bisa menggunakan tanda minus (-). Perlu diingat bahwa ketika sebuah domain memiliki karakter atau simbol, maka seseorang akan sulit menuliskannya karena pelafalan yang berbeda.  Ada jutaan nama domain yang terdaftar sehingga pilih domain yang mudah diingat. Setelah itu, cobalah berbagi dengan orang terdekat Anda untuk memastikan bahwa nama domain yang dipilih terdengar menarik dan masuk akal.

Related posts: