Internet cepat 5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase lanjutan dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G LTE. Dalam teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui gelombang radio yang terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi tersebut disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, mobile data dan siaran televisi. Penggunaan frekuensi-frekuensi ini diregulasikan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang telah merestrukturasi bagian-bagian gelombang radio secara komprehensif untuk mentransmisikan data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada termasuk 4G dan 3G.

Dikutip dari laman Kompas (2/3), pada pagelaran teknologi Mobile World Congress (MWC) yang diselenggarakan di kota Barcelona, Spanyol, para vendor berlomba-lomba memperkenalkan teknologi seluler internet superkencang generasi baru 5G. Para pengembang dan pembuat standardisasi berharap agar kecepatan internet yang bisa dihasilkan oleh 5G mencapai 5 Gbps. Sedangkan, kecepatan internet terkencang yang bisa dihasilkan oleh 4G saat ini mencapai 1 Gbps. Indonesia sendiri baru memiliki kecepatan download sinyal 4G mencapai 8,79 Mbps, informasi tersebut berdasarkan hasil  survei OpenSignal pada akhir 2016 lalu.

Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika Anda lebih dulu mengetahui apa saja kelebihan-kelebihan dari internet cepat 5G yang akan datang.

Keunggulan Teknologi 5G

Keunggulan dari Teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa karena saat ini hal itu masih berupa konsep. Namun demikian, terdapat beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu:

  • Kecepatan transfer data dari satu telepon ke telepon lain yaitu satu mili detik.
  • Kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G.
  • Dapat terkoneksi dengan alat seperti peralatan rumah tangga, telepon dan mobil.

Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau yang berarti 100x lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecepatan seperti itu, teknologi 5G tentu memungkinkan Anda untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik, bukan?

Selain itu, internet cepat dengan teknologi 5G ini juga akan sangat banyak membantu Anda dalam mengerjakan segala keperluan sehari-hari karena lebih mudah dikelola dengan generasi sebelumnya. Teknologi ini juga memungkinkan untuk menemukan dan mencari orang yang hilang serta mendeteksi bencana alam termasuk tsunami, gempa bumi dan lain-lain lebih cepat.

Untuk saat ini, teknologi ini masih dalam proses dan penelitian sehingga hal-hal terkait keamanan dan masalah privasi belum dapat diselesaikan. Selain itu, banyak dari perangkat lama yang tentu tidak akan kompeten untuk dipasangi teknologi 5G. Oleh karena itu, butuh biaya yang cukup banyak untuk mengembangkan infrastruktur komunikasi canggih ini.

Related posts: