Riset keyword merupakan salah satu jalan alternatif untuk meningkatkan trafik kunjungan website Anda. Hal tersebut sangat membantu para pengelola blog maupun website untuk meletakkan konten serta artikel yang telah dibuat pada halaman pertama hasil pencarian Google. Dengan demikian maka peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya pun akan terbuka lebar. Oleh karena itu, riset keyword sangat penting untuk dilakukan oleh Anda untuk tetap eksis di ranah digital.

Akan tetapi, perlu menjadi catatan jika riset keyword akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan isi konten maupun artikel yang berkualitas. Anda harus betul-betul mempertimbangkan apa yang hendak dituliskan sehingga mengandung banyak informasi yang dibutuhkan bagi para pengunjung. Pastikan bahwa tulisan yang dibuat adalah hasil orisinil karya Anda agar tidak menimbulkan plagiasi. Berikut ini merupakan beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi SEO blog maupun website Anda!

Kenali Jenis-jenis Keyword yang Ada

Pada dasarnya, terdapat beragam jenis keyword yang biasa digunakan, namun 4 jenis keyword ini adalah yang wajib diketahui untuk mengoptimalkan kinerja SEO yang diterapkan dalam Blog ataupun Website Anda.

Keyword Umum atau Baku

Keyword yang satu ini dikategorikan sebagai keyword Raja, karena keyword Raja sangat sering digunakan maupun dicari pada mesin pencarian Google. Keyword jenis ini cenderung sulit digunakan pada Blog ataupun Website baru untuk bisa mengangkat konten atau artikel yang telah dibuat ke dalam halaman hasil pencarian Google dalam waktu singkat. Sehingga Anda membutuhkan waktu dan banyak kerja keras agar bisa bersanding dengan keyword yang satu ini.

Memperkokoh pondasi Blog merupakan syarat mutlak jika ingin menggunakan keyword ini. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan Backlink yang berkualitas baik.

Beberapa contoh keyword yang umum/baku :

  • Keyword dengan awal kata “Cara”
  • Keyword dengan awal kata “Beli”
  • Keyword dengan awal kata “Cari”
  • Keyword dengan awal kata “Jual”

Keyword Tunggal

Keyword tunggal adalah kata kunci yang terdiri atas satu kata. Ini juga merupakan jenis keyword yang dapat digunakan untuk muncul di halaman awal mesin pencarian Google. Anda dapat membuat banyak topik dari keyword tunggal ini. Beberapa contoh keyword tunggal :

  • Mobil.
  • Rumah.
  • Android.
  • Murah.
  • Online.
  • Jual
  • Beli

Keyword jenis ini dapat ditulis menjadi apa saja, baik menjadi keyword Utama ataupun keyword terusan, misalnya: Anda ingin menjual mobil secara cepat sehingga harganya diturunkan, jadi Keyword yang cocok untuk hal ini mungkin seperti ini:

  • Jual Mobil Murah.
  • Mobil Dijual Murah

Alhasil beberapa kata kunci bisa masuk ke dalam sebuah keyword turunan dari konten yang disajikan. Nah, keyword utamanya dapat ditentukan dari banyaknya kata kunci tunggal yang telah Anda tanamkan di dalam artikel ataupun konten tersebut.

Keyword Turunan

Pakar SEO biasa menyebut kata kunci ini dengan sebutan ‘Long Tail Keyword‘. Keyword ini terdiri dari beberapa kata kunci yang berkaitan erat dengan isi dari konten yang dibuat. Singkat hal, keyword ini adalah keyword yang sesuai dengan para Pemula dalam dunia SEO. Keyword jenis ini memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah dari Keyword tunggal dan sudah bisa dipastikan akan sedikit lebih mudah bagi konten blog ataupun website Anda untuk tampil di hasil Google pencarian.

Keyword Masa

Keyword sasa adalah jenis kata kunci yang hanya bisa digunakan pada masa tertentu.

Contoh keyword masa :

  • Daftar Calon Mahasiswa Baru 2016 Gunadarma.
  • 5 Persyaratan Utama Masuk TNI 2017.

Keyword masa bisa kita ditentukan dari masa kegunaannya karena setelah tanggal atau tahun itu lewat, akan jarang sekali seseorang mencari kata kunci tersebut.

 

Nah, setelah mengenali beberapa kata kunci di atas, yuk intip cara Riset Keyword ala Baxohost yang dijamin mudah untuk diterapkan.

Tentukan Kata Kunci Tema Utama

Tentukan satu hingga tiga kata kunci utama. Kami mengambil contoh kasus jika Anda ingin menjual bunga kamboja, maka Anda harus melakukan perkiraan kata kunci apa yang akan digunakan oleh calon pembeli untuk mencari penjual bunga kamboja di Google?

“Beli Bunga Kamboja”

Masukan kata kunci di atas, di pencarian Google (panah warna hitam) nanti akan muncul hasil yang seperti berikut ini:

google-search

Kita langsung klik saja peringkat pertama hasil pencarian tersebut (panah warna merah), Anda akan masuk ke halaman tersebut sebagai berikut:

google-search-2

Selanjutnya, Anda bisa copy link website tersebut ke catatan pribadi. Nah, sekarang masuk ke GKP (Google Keyword Planner) kepunyaan Adwords dengan tampilan seperti ini:

google-search-3

Langsung saja klik masuk (panah hitam) di pojok kanan atas bagi yang sudah punya akunnya, bagi yang belum bisa daftar terlebih dulu dengan klik Buat akun (panah merah), pendaftarannya pun cukup mudah.

Selanjutnya, klik ‘Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori ‘ (anak panah hitam). Kemudian, kolom baru akan terlihat seperti terlihat pada anak panah merah di bawah ini :

google-search-4

Pada kolom baru tersebut masukan link url yang sudah Anda copy tadi ke kolom Laman Landas Anda (Anak panah biru). Lalu, klik tombol ‘Dapatkan Ide‘ berwarna biru yang ada di bawah, nanti hasil pencarian akan seperti ini setelah digulir ke bawah:

google-search-5

Setelah Anda memasukan url link halaman tersebut (panah hitam), maka akan keluar hasil beberapa grup kata kunci yang mempunyai link (anchor), kemudian Anda dapat menentukan kata kunci mana yang akan digunakan dengan cara:

  1. Yang relevan dengan artikel kita dalam hal ini kata ‘Kamboja‘ dan ‘Jual / Beli‘ wajib ada (kotak besar warna merah).
  2. Pilih penelusuran bulanan yang nilai rata-ratanya tertinggi (panah kuning).
  3. Pilih tingkat persaingan yang Rendah (panah hijau).
  4. Pilih jumlah kata kunci grup yang banyak (panah warna biru).
Anda dapat memilih untuk kata kunci atau keyword yang akan digunakan sebagai Judul artikel kita nantinya. Pilih kata kunci yang paling mendekati dengan hal jual dan beli, seperti “Jual Kamboja”, sementara untuk keyword “Bunga Kamboja” bisa kita manfaatkan untuk isi artikelnya, masukan saja beberapa kata kunci tersebut di dalam isi artikel

Nanti akan terbuka lagi 14 keyword  seperti gambar di bawah ini.

google-search-6

Kotak berwarna merah adalah kata kunci bulanan yang sering digunakan dan berkaitan dengan jual-beli bunga kamboja. Anda dapat mempergunakan hal tersebut dengan sebaik-baiknya untuk memilih judul artikel, bisa digabungkan asal kalimat yang digunakan tetap menarik. Terakhir, save (panah biru) untuk bahan pertimbangan dalam memilih judul.

Apabila Anda ingin membuat kata kunci  untuk isi artikel, gunakan Grup kata kunci “Bunga Kamboja” yang telah dijelaskan tadi untuk kemudian dsimpan sebagai tambahan daya ingat.

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam melakukan riset keyword untuk optimisasi SEO blog dan website, ya!

Related posts: