Masih membahas tentang Plugin WordPress penting yang wajib diketahui oleh website administrator. Hal ini bertujuan agar website bisnis yang dikelola kian sempurna dan semakin mudah untuk dikelola. Berikut merupakan beberapa plugin wordpress yang bisa didapatkan secara cuma-cuma ataupun berbayar.

Disable Comments

banner-1544x500 (4)

DETAILS

Plugin Disable Comments ini memungkinkan administrator untuk mengontrol komentar pada website mereka secara global. Komentar dapat dinonaktifkan berdasarkan jenis post, halaman ataupun attachment. Selain itu, plugin ini juga bekerja dengan sangat baik ketika Anda ingin menonaktifkan komentar pada jenis post tertentu pada sebuah website. Namun, apabila Anda berencana untuk menonaktifkan komentar secara selektif pada masing-masing post, sebaiknya menonaktifkan langsung melalui WordPress.

 

Regenerate Thumbnails

regenerate-thumbnails-plugin

DETAILS

Plugin Regenerate Thumbnails ini dapat digunakan untuk membuat thumbnail attachment gambar. Anda memiliki opsi untuk membuat thumbnails untuk semua gambar yang diupload, masing-masing gambar, atau beberapa gambar secara spesifik. Plugin ini sangat membantu apabila Anda telah merubah dimensi thumbnail atau berpindah ke tema baru yang menggunakan dimensi gambar yang berbeda.

 

Easy Updates Manager

banner-1544x500 (1)

DETAILS

Easy Updates Manager merupakan plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk mengelola semua WordPress update pada satu atau beberapa situs sekaligus. Ada banyak pengaturan yang tersedia dalam plugin ini, sehingga plugin ini sangat mudah untuk dikustomisasikan sesuai kebutuhan Anda. Fitur yang disediakan termasuk opsi untuk update otomatis WordPress major and minor. Administrator situs juga dapat memilih untuk mengupdate plugin, tema dan lainnya secara otomatis.

 

Redirection

redirectionPlugin-stroked

DETAILS

Redirection dapat membantu mengelola 301 redirect dan 404 error tanpa harus mencari pada file .htaccess. Plugin ini sangat berguna ketika Anda memindahkan halaman dari website yang berbeda dan merubah struktur direktori dari tempat penyimpanan WordPress. Dalam hal ini, sebuah redirection dapat diatur untuk melanjutkan sebuah URL ke halaman yang lain, file atau website. Semua URL dapat dialihkan, bukan hanya yang sudah tidak aktif lagi.

 

TablePress

TablePress-Install

DETAILS

Dengan TablePress, Anda dapat membuat tabel yang dapat di embedded ke post, halaman, atau widgets teks menggunakan Shortcode dengan sangat mudah. Tidak perlu keahlian koding khusus karena data tabel dapat dimasukkan langsung ke antar muka spreadsheet. Tabel ini pun dapat berisi data apa saja, termasuk formula, Sorting, pagination dan filtering add menambahkan fungsi pada TablePress. Menariknya, tabel ini juga dapat diimpor dan dieskport dari dan ke format excel, CSV, HTML dan JSON.

 

Edit Flow

edit-flow-website

DETAILS

Edit Flow mempermudah Anda untuk berkomunikasi dengan member tim secara langsung di dalam WordPress. Plugin ini dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan spesifik workflow Anda, sehingga penulis dan editor memiliki ruang khusus untuk melakukan editorial terkait komentar yang akan ditampilkan pada halaman website. Adapula fitur kalender yang menawarkan tampilan konten Anda yang terjadwal.

 

WP Mail SMTP

wpsmtpmail

DETAILS

Plugin WP Mail SMTP mengkonfigurasi fungsi dengan mengirimkan pesan pada WordPress menggunakan SMTP. Plugin ini menawarkan halaman pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi bermacam opsi email. Opsi ini termasuk spesifikasi SMTP host dan SMTP port, spesifikasi nama form dan alamat email untuk pesan keluar, pengaturan username dan password SMTP.

Gallery

DETAILS

Gallery menawarkan tool yang akan membantu Anda dalam menambahkan dan mengedit gambar atau foto untuk tampilan yang berbeda pada situs  yang 100% responsif. Galeri foto dan album dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam post dan halaman pada WordPress semudah pada beberapa widget lainnya. Plugin ini juga memudahkan rename, upload, remove, dan copy gambar hanya dengan beberapa langkah. Deskripsi gambar dan tag juga dapat ditambahkan melalui tool ini.

 

All in One Schema.org Rich Snippets

all-in-one-schema-org-plugin-featured1

DETAILS

Plugin All In One Schema.org Rich Snippets ini membantu memberikan ringkasan dari konten Anda untuk ditampilkan pada mesin pencari. Ringkasan konten ini  tentu sangat berguna untuk membedakan Anda dari kompetitor yang lain. Plugin ini mendukung tipe konten berikut: review, event, people, produk, resep, software application, video dan artikel.

 

Fast Secure Contact Form

Fast-Secure-Contact-Form

DETAILS

Plugin ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat dan menambahkan form ke situs WordPress. Beberapa form dapat dibuat sekaligus dengan opsi untuk mengalihkan pengunjung ke URL apa saja setelah pesan terkirim. Form kontak yang dibuat dengan plugin ini dapat dengan mudah dikustomisasi untuk menyesuaikan dengan situs Anda. Field tambahan dengan tipe apa saja bisa ditambahkan, termasuk teks, textarea, checkbox, chexkbox-multiple, radio, select, select-multiple, attachment, date, time, hidden, password dan fieldset. Plugin ini juga termasuk support CAPTCHA dan Akismet untuk memblokir spam.

 

Display Widget

display_widgets

DETAILS

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengubah konten sidebar untuk konten halaman, kategori dan lainnya. Anda tidak membutuhkan koding ekstra untuk membuat beberapa sidebar pada skenario berbeda untuk sebuah website. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah mencentang on atau off checkbox.

 

Advance Custom Fields

banner-1544x500 (2)

DETAILS

Plugin Advanced Custom Fields memberikan pengguna WordPress fleksibilitas untuk membuat field kustom secara visual untuk situs mereka. Field kustom advance termasuk text, textarea, image, file,wysiwyg, post object, page link, relationship, select, checkbox, radio buttons, date picker, true/false, repeater, flexible content, dan gallery.

 

P3 (Plugin Performance Profiler)

P3_Perfomance_Profiler_WordPress_Plugins_pzfcal

DETAILS

Sebuah website seringkali lambat dimuat karena ada beberapa plugin yang sedang berjalan. Plugin P3 ini dapat membantu administrator WordPress mengidentifikasi plugin yang menyebabkan situs menjadi lambat. Dengan mengukur waktu load plugin yang berjalan pada situs, administrator dapat mengambil keputusan untuk plugin yang performanya kurang.

 

Black Studio TinyMCE Widget

black_studio_tinymce_widget

DETAILS

Black Studio TinyMCE Widget memungkinkan Anda untuk memasukkan rich text dan/atau objek media langsung ke sidebar tanpa koding HTML apapun, melalui editor visual. Sebagai default, widgets teks WordPress lemah dalam kapabilitas editor yang ditawarkan pada post dan halaman. Black Studio TinyMCE Widget mampu mengatasi semua batasan itu dengan menyediakan tampilan antarmuka yang bersih untuk menambahkan media dan teks.

 

Source : www.premium.wpmudev.org

 

Related posts: