WordPress menawarkan banyak fitur dan fleksibilitas, namun masih ada beberapa fungsi yang belum dapat dipenuhi oleh software inti. Menginstall Plugin WordPress yang tepat tentu menjadi solusi yang terbaik. Nah, Plugin menawarkan banyak metode bagi seorang website administrator untuk mengkustomisasi websitenya, dengan hampir 40,000 pilihan pada Direktori Plugin WordPress, belum lagi semua produk premium yang tersedia. Tentu hal ini menjadi sangat sulit bagi seorang website administrator untuk memilih plugin yang tepat.

Berikut adalah beberapa plugin yang free dan premiun yang harus Anda miliki. Plugin tersebut akan merubah situs Anda menjadi lebih sempurna. Inilah berbagai pilihan mulai dari image caching optimization hingga keamanan dan membership yang dapat diinstall pada website Anda!

W3 Total Cache

banner-772x250

DETAILS

W3 Total Cache didesain untuk meningkatkan kecepatan load halaman untuk situs-situs WordPress, yang akan meningkatkan pengalaman pengunjung website Anda. Plugin ini membantu meningkatkan performa server dengan mengurangi waktu download. Dengan mengurangi waktu load halaman, keseluruhan performa akan meningkat dan berdampak positif bagi ranking situs Anda pada mesin pencari. W3 Total Cache juga dapat membantu meningkatkan performa web server saat periode high traffic, yang tentu sangat penting bagi website besar.

 

Jetpack

jetpack1

DETAILS

Jetpack menawarkan sederet fitur canggih untuk situs WordPress Anda. Peningkatan keamanan, performa situs, banyak content tool, dan fitur visitor engagement adalah bagian dari plugin ini. Fitur-fitur tambahan termasuk komentar bebas spam, Sharing Sosial Media, Related Post, Post by Email dan masih banyak lagi. Jetpack bahkan menawarkan tema untuk perangkat mobile yang ringan dan resposif, didesain untuk smartphone dan tablet.

 

Akismet

akismet-1024x512

DETAILS

Akismet membantu untuk memfilter komentar pada blog Anda yang terlihat seperti spam. Plugin ini otomatis membandingkan komentar yang sedang diperiksa dengan servis pada web Akismet. Semua komentar akan memiliki riwayat yang menunjukkan komentar mana saja yang dibolehkan dan dilarang oleh Akismet. Sebagai tambahan, komentar-komentar yang ditandai sebagai spam akan dihighlighted pada riwayat.

 

Google Analytics +

connector-google-analytics-logo

DETAILS

Google Analytics + plugin memungkinkan user memantau dan melihat status pencarian dengan mudah untuk masing-masing situs atau beberapa situs sekaligus tanpa meninggalkan WordPress. Anda tidak perlu login ke akun Google Analytics, plugin ini menampilkan data ke dashboard Anda. Fungsi pada dashboard memungkinkan Anda untuk navigasi yang mudah saat melihat satu situs maupun beberapa situs sekaligus.

 

Google XML Sitemaps

03-wordpress-seo-google-xml-sitemap

DETAILS

Ini adalah Plugin wajib bagi Anda pengguna WordPress. Plugin ini akan otomatis membuat XML sitemap untuk situs Anda. XML sitemap krusial dalam membantu mesin pencari mengindex blog Anda lebih baik lagi. Dengan sitemap, web crawlers dapat melihat struktur website dan mendapat hasil dengan lebih efisien. Mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo akan diberitahu setiap kali Anda membuat post baru..

 

iThemes Security (formerly Better WP Security)

banner-772x250

DETAILS

iThemes Security membantu memperbaiki lubang-lubang keamanan biasa pada situs WordPress Anda dari kemungkinan serangan otomatis. Banyak administrator WordPress tidak mengetahui mereka memiliki lubang keamanan ini, tapi iThemes Security dapat membantu untuk mengatasinya. Perlu diketahui bahwa lubang-lubang keamanan yang disebabkan plugin yang lain dapat membuat situs Anda menjadi target yang mudah untuk diserang. iThemes Security mengidentifikasi dan melindungi lubang-lubang keamanan pada situs Anda.

 

Contact Form 7

Contact-Form-7-WordPress-Plugin-300x150@2x

DETAILS

Beberapa form kontak dapat dibuat dan dikelola melalui plugin ini. Tidak perlu koding ekstra karena form dan konten mail dapat dikustom dengan muda lewat plugin ini. Contact Form 7 juga mendukung  Ajax-powered submitting, CAPTCHA, dan Akismet filtering untuk mencegah spam.

 

Snapshot

WordPress-Backup-Plugin-Snapshot-7-1024x335

DETAILS

Snapshot dapat membantu backup dan restore seluruh situs WordPress yang Anda miliki. Anda juga dapat membackup situs sendiri tanpa harus menyewa servis dari perusahaan lain. Website Administrator  dapat membuat dan menyimpan snapshot (file backup) sebanyak yang diinginkan. Cukup dengan sekali klik, snapshot dapat membantu merestore situs Anda kapanpun diinginkan.

 

Login Lockdown

edit-theme-wordpress-login

DETAILS

Login Lockdown dapat digunakan untuk membatasi jumlah percobaan login dari sebuah IP untuk suatu jangka waktu. Setiap kali ada percobaan login yang gagal pada situs WordPress Anda, Login Lockdown akan mencatat Alamat IP dan waktu percobaan yang gagal tersebut. Jika batas percobaan yang ditentukan terlampaui dalam jangka waktu yang singkat, fungsi login akan dimatikan untuk range IP tersebut. Fitur ini akan membantu mencegah percobaan pembobolan password secara brute force. Jangka Waktu Lockout dapat di custom sesuai kebutuhan situs Anda.

 

Source: www.premium.wpmudev.org

Edited by : www.baxohost.com

Related posts: