Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page (sekarang berubah menjadi  PHP: Hypertext Preprocessor) yang digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam perkembangannya, PHP kemudian menjelma menjadi bahasa pemrograman website yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman website sederhana hingga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti Wikipedia, WordPress, Joomla, dan lainnya. Kemudahan dan popularitas PHP sudah menjadi standar bagi programmer website di seluruh dunia. Anda tertarik untuk melihat lebih jauh tentang perbedaan dari masing-masing versi PHP? Pada artikel kali ini tim Baxohost akan memaparkan perbedaan yang ada pada PHP5 dan PHP7.

Kinerja PHP 5 dan PHP 7

PHP 5 merupakan kelanjutan dari evolusi yang berjalan pada PHP. Walaupun pada PHP 4 sudah banyak library yang ditambahkan, PHP 5 menawarkan peningkatan dari fungsionalitas dan penambahan beberapa fitur seperti dukungan terhadap XML dan Web Service yang menggunakan libxml2, dukungan terhadap SQLite database server, serta membuat file swf dan applet java.

Selain itu, PHP 7 memiliki PHPNG (PHP-Next-Gen) untuk memberikan performa maksimal seperti Facebook HHVM. Peningkatan performa ini terjadi karena Zend telah melakukan peningkatan kinerja yang sangat besar, dan para developer dapat menemukan patokan terhadap HHVM. Tanpa mengubah kodingan, dapat memberikan kinerja yang sangat besar hanya dengan melakukan upgrade ke PHP 7.

Visibility Property

Visibility Property adalah fitur yang memungkinkan developer untuk menentukan visibility sebuah property dengan menambahkan prefix private/public/protected pada tiap pendefinisian property untuk melindungi akses property. Fitur ini terdapat pada PHP5 dan berguna pada class untuk API misalnya, pemanggilan property-nya berasal dari perintah client, agar property yang terlindungi tidak dapat sembarangan diakses. Anda bisa menggunakan 3 pilihan, seperti (1) Private, dimana  property hanya bisa diakses dari class itu sendiri; (2) Protected, dimana property hanya bisa diakses dari class tersebut dan semua sub-classnya; serta (3) Public, dimana property bisa diakses dari mana saja, termasuk dari luar class.

Spaceship Operator

Sedangkan pada PHP 7 diperkenalkannya operator baru yang disebut Spaceship Operator (<=>) atau sering disebut operator perbandingan gabungan. Operator ini digunakan dalam memilih dan mengkombinasikan perbandingan.

Contoh sebelum PHP 7 :

Pada PHP 7 :

 

Kelebihan PHP 5 dan PHP 7

Perlu Anda ketahui jika PHP 5 dapat menangani OOP (Object Oriented Programming) lebih baik dari pendahulunya. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa nomor versi php lompat ke versi 5. Apabila pada versi 4, Anda mengopi sebuah object, maka object tersebut akan terduplikat menjadi 2 dengan property yang sama. Sedangkan, object php5 yang baru hanya berupa referensi ke object aslinya.

PHP 7 memiliki beberapa fitur baru, salah satu diantaranya yaitu Abstract Syntax Tree. Fitur ini memudahkan dalam kode parsing PHP, mengurangi error, dan cara untuk membangun hal yang lebih baik kedepannya. Selain itu, fitur tambahan lainnya yaitu berfungsi untuk menentukan codepoints Unicode dengan nomor, daripada menggunakan codepoint langsung atau Unicode Codepoint Escape Syntax.

Itulah beberapa perbedaan yang ada pada PHP 5 dan PHP 7 yang perlu Anda ketahui. Ada perbedaan lain yang belum disebutkan? Anda bisa berbagi informasinya di kolom komentar.

Related posts: