Setelah memahami tips memilih lokasi server pada artikel Baxohost beberapa waktu lalu, kali ini kami akan memberikan informasi terkait perbandingan antara penggunaan server luar negeri dan server lokal. Sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya, Anda terlebih dulu wajib memahami apa yang dibutuhkan oleh website bisnis milik Anda. Pasalnya, jika Anda telah mendapatkan server dengan spesifikasi yang tepat, dapat dipastikan bahwa website bisnis dapat berjalan dengan sempurna, terlebih jika situs tersebut terintegrasi dengan sebuah Sistem Informasi berbasis Website maka dapat dipastikan komputasi yang dijalankan nantinya akan dapat berjalan dengan lancar.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih, inilah beberapa perbandingan antara penggunaan server yang berlokasi di luar negeri dan server lokal.

Berdasarkan Lokasi

Yang dimaksud dengan Server Lokal adalah sebuah jaringan server yang dibangun di Indonesia dengan tujuan untuk memfasilitasi pengguna Indonesia maupun Internasional. Lokasi server ini umumnya terletak di Ibukota Jakarta, karena sarana dan infrastruktur yang mendukung bagi server tersebut. Namun demikian, juga tidak menutup kemungkinan apabila Server Lokal dibangun di kota besar lainnya, seperti Surabaya.

Di sisi lain, Server Luar Negeri merupakan sebuah jaringan server yang dibangun di negara-negara yang mendukung jaringan dan infrastruktur terbaik. Beberapa negara yang sering dijadikan sebagai pusat server adalah Inggris, Jepang dan Amerika Serikat. Biasanya, Server di Amerika Serikat lebih banyak dipilih karena lokasi negara tersebut yang merupakan simpul jaringan di seluruh dunia.

Ditinjau dari Level Kebutuhan

Jika dilihat dari level kebutuhannya, Server Luar Negeri dibangun untuk memenuhi akses Website dengan level kebutuhan akses secara Internasional. Server ini sangat efektif digunakan oleh perusahaan yang memiliki target klien antar negara karena Server Luar Negeri sangat mudah diakses oleh masyarakat internasional. Sebaliknya, Server Lokal dibangun untuk memenuhi akses Website dengan level kebutuhan akses regional hingga nasional. Server lokal cocok untuk menampung Website atau Sistem Informasi berbasis Website yang diakses oleh masyarakat untuk wilayah tertentu.

Tingkat Keamanan

Dari sisi keamanan, baik Server Lokal maupun Server Luar Negeri memberikan fungsi yang hampir sama baiknya, walaupun dari beberapa poin sekuritas Server Luar Negeri memiliki tingkat keamanan yang lebih baik karena perusahaan-perusahaan keamanan cyber berpusat di luar negeri. Namun demikian, Anda tetap mengantisipasi segala tindak kejahatan cyber dengan cara maintenance kemanan website bisnis secara berkala.

Baxohost sendiri menggunakan server luar negeri karena relatif lebih cepat diakses oleh website-website crawler seperti Google, Yahoo, ataupun MSN. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi bisnis Anda, mengingat pengunjung lebih cepat menjelajah situs Anda, bukan? Ingin tahu lebih banyak tentang web hosting maupun maintenance? Pastikan Anda terus mengupdate informasi dari blog kami.

Related posts: