Anda tentu memahami bahwa setiap nama domain memiliki masa aktif sesuai dengan masa berlangganan yang Anda pilih pada saat pendaftaran nama domain tersebut. Oleh karena itu, Anda harus selalu rutin memperpanjang nama domain agar tetap bisa aktif. Pasalnya, ketika nama domain expired atau masuk ke dalam masa kadaluarsa maka kamu tidak bisa menggunakannya lagi.

Penting diketahui saat nama domain Anda tengah memasuki  masa kadaluarsa, maka akan banyak sekali kerugian yang ditimbulkan. Hal ini disebut sebagai ‘Domain Life Cycle’, yang pada artikel ini akan dijelaskan tahapan-tahapan yang terjadi apabila nama domain berada pada masa kadaluarsa. Simak informasinya berikut ini!

Tahap Auto Renew Grace

Website dengan nama domain yang masuk pada tahap ini tidak akan dapat diakses lagi, karena masa aktif nama domain sudah melebihi masa aktif yang ditetapkan. Namun, Anda masih bisa melakukan perpanjangan masa domain tanpa ada penalti apapun. Tahap auto renew grace memiliki periode sampai dengan 45 hari sebelum nama domain masuk ke tahap selanjutnya.

Tahap Redemption Grace

Nama domain yang masuk pada tahap ini merupakan nama domain yang siap untuk dihapus. Kabar baiknya Anda masih bisa melakukan perpanjangan masa domain di tahap ini. Akan tetapi, Anda akan dibebankan biaya tambahan untuk bisa memperpanjangnya. Tahap redemption grace ini memiliki periode sampai dengan 30 hari sebelum nama domain masuk ke tahapan pending delete.

Tahap Pending Delete

Ini adalah tahap akhir dari domain life cycle ketika Anda tidak juga memperpanjang masa aktif  domain. Pada tahap ini, Anda sama sekali tidak dapat memperpanjang nama domain, karena nama domain sudah pasti akan dihapus dan dijual kembali kepada siapa pun yang cepat dalam mendaftarkannya. Jadi, apabila Anda memiliki nama domain yang lupa tidak diperpanjang masa aktifnya sampai tahap ini, maka nama domain tersebut berisiko direbut oleh orang lain  yang mengincar nama domain tersebut.

Setiap nama domain yang Anda daftarkan memiliki masa kadaluarsa. Sebaiknya Anda memperhatikan dan selalu memperpanjang masa aktif nama domain yang sudah dibeli. Apabila nama domain Anda melewati masa expired, maka nama domain tersebut bisa didaftarkan atau diambil oleh siapa pun. Hal ini sangat merugikan karena bisnis Anda bisa saja direbut oleh orang lain, atau bahkan diambil oleh kompetitor. Terlebih jika Anda menggunakan brand bisnis Anda sebagai nama domain website.

Related posts: