Backlink berperan penting untuk mengoptimalkan SEO pada website. Pasalnya, indikasi popularitas atau pentingnya sebuah website bergantung dari jumlah link yang masuk ke sebuah situs website maupun halaman website. Misalnya, hal ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman website Anda. Teknik backlink sendiri adalah teknik dimana link diarahkan pada suatu website dengan tujuan untuk menginformasikan pengguna terkait informasi yang relevan pada tautan yang diberikan.

Apabila selama ini Anda memanfaatkan backlink untuk mengoptimalkan SEO website, tentu cukup terkejut dengan adanya perubahan alogaritma Google bernama Fred beberapa waktu lalu. Banyak website yang tumbang karena algoritma ini, karena pengaruh algoritma yang sangat besar dalam hasil SEO.  Algoritma Fred adalah suatu sistem yang dirancang oleh Google dengan kombinasi algoritma pendahulunya.

Ingin tahu lebih lanjut tentang cara memaksimalkan penggunaan backlink website pada alogaritma Freed Google? Simak penjelasan selengkapnya di sini!

Buat Internal Backlink Berkualitas

Internal backlink merupakan backlink yang arahnya masih dalam satu website yang sama. Perbedaan internal backlink yang ada pada algoritma Fred adalah adanya perbaikan struktur backlink yang relevan. Artinya, Google mulai merambah pada penyempurnaan internal backlink. Jadi, pada internal backlink diusahakan untuk membuat link yang berkaitan dengan artikel yang diposting saat itu. Jika artikel Anda saat ini membahas tentang SEO, maka internal backlink yang diberikan pun harus relevan dengan konten yang berhubungan dengan SEO.

Perhatikan Pilihan External Backlink

Sebaliknya, external backlink adalah link yang mengarah ke website yang berbeda sehingga saat membuatnya Anda harus betul-betul memperhatikan relevansi serta kualitas website yang akan dijadikan tempat untuk menanam external backlink. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah website bisnis perjalanan wisata, maka berikan backlink pada website dengan informasi tempat-tempat wisata terbaru. Hal ini akan meningkatkan kualitas backlink yang diberikan dan citra website Anda dimata mesin pencarian Google pun semakin baik.

Tuliskan Anchor Text yang Relevan

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah mengenai pemberian Anchor text yang dipasang dari semua link yang telah Anda buat. Jangan membiasakan membuat anchor text dengan kalimat tidak relevan atau yang biasa disebut call to action seperti “klik disini” atau “kunjungi link berikut”. Hal tersebut kurang baik untuk Algoritma Fred sehingga disarankan menggunakan anchor yang sesuai dengan link yang Anda maksudkan. Penggunaan anchor text juga berlaku pada gambar, sehingga Anda wajib menggunakan tag title dan alt pada gambar yang ditampilkan pada halaman website.

Itulah tadi cara memaksimalkan penggunaan backlink website pada alogaritma Freed Google. Ada informasi lain yang bisa Anda bagikan? Silahkan tulis di kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat!

Related posts: