MongoDB adalah sebuah basis data yang paling populer karena pada proses pemasangan maupun penggunaan, MongoDB mudah dan tidak menyulitkan penggunanya. Selain itu, MongoDB juga merupakan salah satu basis data yang open source sehingga setiap orang bisa berpartisipasi untuk mengembangkan sistem ini menjadi lebih pesat. Dikembangkan oleh  perusahaan asal New York City,  MongoDB Inc. Sejak tahun 2007, MongoDB kini telah mendukung hampir semua bahasa pemrograman, serta penyimpanan data untuk beragam framework terkenal.

Anda tertarik untuk memahami tentang MongoDB lebih lanjut? Berikut adalah penjelasan yang dapat tim Baxohost rangkum untuk Anda.

MongoDB merupakan database open source berbasis dokumen (Document-Oriented Database) yang awalnya dibuat dengan bahasa C++.  Perbedaan mencolok dari MongoDB yaitu MongoDB memiliki performa 4 kali lebih cepat dibandingkan MySQL serta mudah diaplikasikan, karena telah tergabung juga sebagai modul PHP.

Kelebihan MongoDB

MongoDB sangat cocok digunakan untuk portal berita ataupun blog karena telah dilengkapi fitur Replikasi yang sangat bermanfaat untuk backup data secara realtime. Selain itu, sistem ini juga memiliki fitur  Auto-sharding yang diberfungsi untuk memecah database yang besar menjadi beberapa bagian demi optimalisasi performa database. Pemakaiannya sendiri sangat berguna ketika Anda memiliki website dengan database yang jutaan baris, sharding akan membantu memecahnya menjadi beberapa bagian. Lebih lanjut, semua entry pada MongoDB datang dari collection dan outputnya pun akan menjadi collection, sedangkan di MySQL biasanya digunakan query GROUP BY.

Cara Instalasi MongoDB

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan MongoDB, berikut ini merupakan langkah-langkah instalasi yang bisa dilakukan:

1. Import key

2. Tambahkan repository

3. Update Repository

4. Install mongoDB

Memiliki Model Data Fleksibel

Model data dokumen MongoDB ini memudahkan Anda untuk menyimpan dan menggabungkan data dalam bentuk struktur apapun, tak terkecuali data yang menggunakan aturan validasi canggih, akses data dan fungsi pengindeksan yang beragam. Anda dapat memodifikasi skema tanpa batas waktu. Oleh karena itu, Anda menghabiskan waktu yang lebih sedikit untuk pengelolaan database, sehingga pekerjaan lebih cepat diselesaikan.

Itulah tadi beberapa informasi terkait MongoDB yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Related posts: