Bagi Anda yang baru saja akan memulai bisnis berbasis online, tentu hosting gratisan akan membantu penghematan modal awal. Pasalnya, hosting yang disediakan tanpa dipungut biaya sepeser pun tersebut jumlahnya cukup banyak. Anda yang tidak memiliki kemampuan programming pun bisa membuat halaman website yang cukup menarik. Namun, apakah hosting gratisan sepenuhnya baik untuk bisnis online Anda? Inilah beberapa kekurangan hosting gratisan yang harus Anda pahami.

Fitur Terbatas

Kekurangan hosting gratisan yang pertama adalah terbatasnya fitur-fitur pengelolaan website yang disediakan oleh penyedia hosting. Hal ini tentu harus dipertimbangkan karena kelancaran website bisnis Anda bergantung dari hosting yang dipilih. Hosting murah saja masih memiliki keterbatasan fitur, apalagi yang gratisan?

Nama Domain yang Berbeda

Pada umumnya, hosting gratisan tidak menyediakan domain berbayar seperti .com ataupun .co.id. Pengunjung website pun akan mengetahui dengan mudah bahwa bisnis Anda menggunakan website gratisan hanya dengan melihat nama domain saja. Padahal, kepercayaan calon konsumen terletak pada tingkat profesional website bisnis online Anda. Tak jarang calon konsumen akan ragu dengan Anda karena websitenya kurang meyakinkan.

Banyak Iklan yang Bermunculan

Jangan kaget bila halaman dengan hosting gratisan Anda muncul beragam iklan yang tidak diinginkan. Faktanya, iklan ini justru muncul dari pihak penyedia website hosting. Sayangnya, Anda dilarang protes dan dilarang untuk menghapus, meskipun memang iklan tersebut tidak dapat dihapus.  Padahal sebuah website bisnis dengan iklan membuat citra perusahaan menjadi kurang baik dihadapan konsumen ataupun pesaing bisnis Anda.

Kapasitas Terbatas

Website bisnis tentu membutuhkan ruang penyimpanan data yang lebih besar, sedangkan hosting gratisan hanya menyediakan kapasitas yang terbatas yaitu sekitar 1 GB atau bahkan kurang dari itu. Keterbatasan kapasitas ini tentu juga akan membatasi aktivitas Anda dalam mengelola website tersebut.

Tanpa Jaminan Keamanan

Kekurangan hosting gratisan yang satu ini patut untuk diwaspadai. Terlebih jika Anda sudah merancang website sedemikian rupa, menginstall script, memposting gambar, dan lainnya. Namun, tiba-tiba semua data hilang atau website dihapus dari server. Tentunya hal ini akan merugikan Anda sebagai pelaku bisnis online bukan?

Server Tidak Stabil

Nah, kekurangan yang satu ini juga tentu bisa merugikan Anda. Server yang tidak stabil akan membuat website terkadang bisa diakses dan kadang-kadang juga tidak dapat diakses. Tentunya sulit berbisnis dengan lancar apabila halaman website Anda sulit diakses, atau hanya kadang-kadang lancar diakses. Jawabannya memang hosting gratisan itu servernya labil, sebaliknya yang berbayar lebih stabil.

Jadi, Anda masih memilih irit dengan menggunakan hosting gratisan? atau mengorbankan beberapa lembar rupiah demi website bisnis yang lebih profesional? Semua keputusan ada di tangan Anda.

Related posts: