WordPress merupakan script yang diinstal secara online untuk sebuah situs website yang akan dikembangkan oleh seorang programmer. Berbasis kode sumber terbuka (open source), pengguna dapat melihat dan memperoleh sejumlah kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program tersebut agar sesuai dengan keinginan mereka.

Akan tetapi, banyak pengguna baru yang justru sering melakukan kesalahan saat menggunakan platform ini. Baik karena kurang pengalaman ataupun ilmu pemrograman, berikut adalah 7 kesalahan yang sering dilakukan pengguna baru WordPress:

Mistake

 

Menginstall WordPress pada Sub Folder Bernama “WordPress”

Perlu diketahui bahwa File zip WordPress meletakkan semua file inti pada folder “WordPress”. Pada umumnya, pemula biasa membuat kesalahan dengan mengupload folder ini ke website mereka menggunakan FTP daripada mengupload file dan folder yang terdapat dalam folder WordPress tersebut. Hal ini menyebabkan website mereka akan terletak pada www.website.com/wordpress, bukan pada www.website.com

WordPress mengijinkan Anda untuk menginstall wordpress pada direktori lain selain direktori yang telah ditentukan. Bagaimanapun, mayoritas pengguna lebih mudah untuk menginstall WordPress pada lokasi yang sama dengan lokasi yang ditampilkan. Lokasi ini biasanya terletak pada root domain Anda atau pada sub-direktori misalnya, blog.

Tidak Menggunakan Permalinks

Struktur default permalink pada WordPress adalah /?p=<postid>. Hal ini menyebabkan URL ditampilkan sebagai www.yourwebsite.com/?p=57 atau bukan struktur yang lebih mudah diingat, seperti www.yourwebsite.com/big-news/. Nah, kebanyakan pemula tidak mengubah struktur default permalink ini menjadi format yang lebih ramah dengan penggunaan kata kunci.

permalink-settings

Anda dapat mengubah pengaturan tersebut pada halaman : Setting > “Permalink Settings” WordPress.

Menerbitkan Halaman yang Belum Lengkap

Tidak ada yang lebih menandakan Anda seorang “Newbie” daripada halaman website yang belum lengkap. Pemula sering merilis website meski sebenarnya website tersebut benar-benar siap. Akibatnya, pengunjung akan mengklik pada link navigasi dan disambut halaman yang belum lengkap dengan pesan “Coming Soon” atau “To Be Updated“.

Perlu diingat bahwa Anda dilarang membuat link ke halaman yang belum selesai. Melakukan hal itu justru akan membuat pengunjung bingung dan memberi kesan Anda tidak mengurus website dengan serius. Sangat disarankan agar Anda sabar menunggu hingga website benar-benar selesai dan siap dirilis.

Menginstall Plugins yang Tidak Perlu

“Plugins yang tidak digunakan harus dinon-aktifkan dan di-uninstall jika Anda tidak berencana untuk menggunakannya lagi.”

Pengguna WordPress pemula tidak terbiasa dengan mindset ini. Mereka menginstall plugins dan tidak menon-aktifkannya. Bukan hal yang asing lagi, para user pemula biasanya menginstall puluhan plugins; sekalipun mereka hanya menggunakan beberapa. Hal ini menyebabkan website menjadi lambat dan meningkatkan kebutuhan sumber daya untuk menjalankan website mereka.

Sebaiknya Anda gunakan plugins yang penting bagi keberhasilan website. Jangan menginstall puluhan widgets yang tidak digunakan dan plugins statistik yang tidak Anda periksa setiap hari. Semua ini justru akan menyebabkan website Anda menjadi lambat.

Tidak Mengupdate WordPress

Update WordPress, Themes dan Plugins adalah masalah sepele yang sangat penting untuk dilakukan. Kelalaian untuk mengupdate akan meningkatkan kemungkinan website Anda diretas dan tentu akan menyulitkan untuk menggunakan produk terbaru dari WordPress.

WordPress mengetahui masalah-masalah yang terkait dengan versi WordPress yang lebih lama, karena itulah pada WordPress 3.7 yang dirilis pada Oktober 2013 lalu, terdapat fitur untuk update otomatis yang dapat melakukan update secara otomatis meski Anda tidak sedang melakukan aktivitas pada website Anda. Secara default, update file inti WordPress akan otomatis diaplikasikan jika anda menggunakan WordPress 3.7 atau yang lebih baru.

Update Plugin dan Theme tidak diaktifkan secara default. Jika anda ingin mengaktifkan update plugin otomatis pada website anda, anda harus menambahkan kode berikut pada file wp-config.php:

add_filter( 'auto_update_plugin', '__return_true' );

Untuk mengaktifkan update theme otomatis, cukup menambahkan kode berikut pada file wp-config.php anda:

add_filter( 'auto_update_theme', '__return_true' );

Jika Anda menggunakan versi WordPress yang lebih lama dari 3.7, Anda disarankan untuk download versi terbaru dari WordPress.org sehingga update file inti WordPress akan otomatis diaplikasikan dan akan memastikan bahwa Anda tidak ketinggalan update yang penting di masa akan datang.

 

Tidak Menggunakan Password yang Kuat

Para pihak yang tidak bertanggung jawab seringkali menebak nama pengguna dan password agar dapat mengakses backend website WordPress. Situasi ini sudah sedikit berkembang sejak WordPress berhenti memaksa pengguna WordPress untuk menggunakan nama pengguna “admin” untuk akun utama, bagaimanapun password yang mudah ditebak tetap menjadi cara utama para hacker meretas sebuah website.

Membuat password yang simple, sangatlah tidak cukup. Anda perlu menciptakan sesuatu yang tidak mudah ditebak oleh script.

secure-password-generator

Password yang kuat harus menjadi prioritas.

Ada banyak servis online gratis yang memungkinkan anda untuk membuat password yang kuat dengan satu klik. Salah satu situs rekomendasi kami adalah PasswordGenerator.net. Situs tersebut memungkinkan Anda untuk memilih panjang dan kompleksitas password. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Passpack dan LastPass untuk menyimpan password anda pada tempat yang aman.

Belum Melakukan BackUp Secara Berkala

Pengguna WordPress baru (semua pemilik baru sebuah website) terkadang kurang menyadari pentingnya membackup website mereka secara berkala. Kesalahan ini biasanya berlanjut hingga ketika website diretas, mereka akan kehilangan banyak data.

Sangat disayangkan kebanyakan orang harus mengalami kehilangan data untuk menyadari pentingnya backup yang sangat mudah dilakukan. Baxohost menyediakan layanan Backup dan Restore data profesional, sehingga anda tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan kami.

Resource : www.elegantthemes.com

Related posts: