Anda semua pasti tahu apa itu SPAM dan tentunya Anda tidak ingin email Anda masuk ke SPAM. Setiap penyedia layanan email, seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain-lain, memiliki kriteria filter SPAM yang berbeda-beda. Tetapi penyedia layanan email tersebut tidak menyajikan informasi tentang mengapa email bisa masuk spam ke pengirim email. Kriteria filter spam dapat berubah-ubah sesuai dengan tipe email spam yang baru, sehingga sebuah isi pesan yang sekarang bisa masuk di inbox, mungkin besok akan masuk spam box. Bagaimana cara agar email Anda tidak masuk ke spam?

Berikut ini tips-tips dari Baxohost yang dapat Anda gunakan agar webmail Anda tidak masuk ke spam. Simak baik-baik dan selamat mencoba, ya!

Meningkatkan Engagement Email

Layanan email seperti Yahoo, AOL, Hotmail dan Gmail pada umumnya menggunakan filter berdasarkan interaksi untuk membantu mendeteksi spam. Jika subscriber banyak yang membuka email, membaca dan mengklik link, maka semakin besar kemungkinan semua pesan webmail Anda selanjutnya akan masuk di kolom inbox. Begitu pula sebaliknya, jika banyak subscriber yang menandai pesan Anda sebagai spam, maka kemungkinan besar pula semua pesan Anda berikutnya akan masuk di spambox subscriber lain.

Jika pesan Anda masuk ke folder spam dan banyak subscriber yang memindahkannya ke inbox, atau menandai “not a spam”, maka email Anda selanjutnya dapat masuk ke inbox. Hal ini dikarenakan beberapa hal tersebut merupakan indikator positif bahwa email Anda bukan Spam.

Jangan Mengosongi Judul Email

Anda mungkin saja pernah lupa memberi judul pada pesan broadcast yang Anda kirim. Selain itu, hindari penggunaan judul yang terlalu pendek. Hal ini dapat menyebabkan kemungkinan email Anda dibaca sangat kecil, kemudian filter (penyaring) spam pada email mudah menganggap email yang bersubjek pendek tergolong sebagai spam, sehingga akan mereka masukkan secara otomatis pada kotak spam.

Hindari Penggunaan Huruf Kapital

Baik di dalam judul email maupun isi email, hindari penggunaan huruf kapital secara berlebihan. Dalam dunia maya, penggunaan huruf besar dianggap kurang sopan karena diidentikkan seperti orang yang sedang marah atau berteriak. Filter spam pada email pun sangat besar kemungkinannya memasukkannya ke kotak spam.

Masukkan Attachment Seperlunya Saja

Email yang berisi lampiran atau attachment menjadi perhatian ekstra dari filter spam email. Pada beberapa filter email, attachment tersebut akan dihilangkan, bahkan terkadang keseluruhan email juga akan dihilangkan. Dengan kata lain, email Anda tidak sampai pada penerima.

Itulah tadi beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari apabila Anda tidak ingin webmail yang dikirimkan kepada para subscriber masuk ke kotak spam. Cukup mudah, bukan?

Related posts: