Completely Automated Public Turing Test to Tell Computer and Humans Apart atau yang lebih dikenal dengan sebutan CAPTCHA merupakan Suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini umumnya melibatkan suatu server yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut.

Ternyata Captcha juga terdiri dari beberapa jenis, seperti berikut ini:

Hard Recognizing Text

Source: www.nbcnews.com

Source: www.nbcnews.com

Captcha jenis inilah yang sangat banyak beredar, dimana Captcha tersebut berupa teks yang sulit untuk dikenali, dan diacak bentuknya. Dengan warna yang beragam dan berbagai teknik untuk mempersulit aplikasi atau mesin mengenalinya. Jenis Captcha Hard Recognizing Text ini bisa kamu temui di halaman mail Yahoo maupun website lainnya.

Pattern Matching

Source: www.bleepstatic.com

Source: www.bleepstatic.com

Jenis Captcha selanjutnya yang juga umum digunakan oleh para pengelola website adalah Pattern Matching. Captcha ini mengharuskan kamu mencocokkan gambar yang sejenis dengan yang telah disediakan. Hal ini dilakukan agar website tidak dapat dibobol oleh robot, karena Captcha yang digunakan hanya bisa dijawab oleh manusia saja.

Sound Recognition

Source: www.debasish.in

Source: www.debasish.in

Bagi Anda yang memiliki kekurangan dalam hal pengelihatan, jenis Captcha yang satu ini tentu akan sangat memudahkan. Pasalnya, Sound Recognition captcha ini menggunakan suara pengguna komputer maupun server. Menarik bukan?

Street Signs

Source: www.twitter.com

Source: www.twitter.com

Street signs juga merupakan salah satu captcha yang banyak digunakan oleh para pengelola website. Biasanya, captcha ini meminta pengguna untuk memilih gambar yang memiliki rambu lalu lintas di dalamnya. Terlihat mudah tapi masih banyak juga yang kesulitan, loh!

Math Captha

Source: www.tkt.ristekdikti.go.id/login

Source: www.tkt.ristekdikti.go.id/login

Yang terbaru dan cukup kontroversial di Indonesia adalah jenis Captcha yang menggunakan soal alogaritma matematika. Bayangkan saja jika setiap hendak masuk ke website dan Anda harus menjawab soal-soal tersebut. Tentunya sangat menguras otak terlebih bagi yang sudah lupa bagaimana memecahkan soal itu. Namun demikian, jenis captcha yang satu ini terbilang paling aman karena tidak mudah diretas oleh sistem ataupun pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Itulah tadi beberapa jenis Captcha yang umum digunakan oleh pengelola website. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Related posts: