CloudFlare adalah salah satu Content Delivery Network (CDN) yang berada di antara nama domain dan website hosting serta memiliki kemampuan untuk menyaring trafik dan mempercepat akses website. Pada umumnya, CloudFlare juga menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS. Software ini bekerja layaknya CDN lain dengan cara menyebarkan konten website ke berbagai data center, ketika User memuat konten statis dari website yang berupa gambar, js, css, video, maka user akan menerima konten dari lokasi terdekat dari CDN, bukan dari server website yang membuat akses lebih cepat di bandingkan dengan website yang tidak menggunakan CDN.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dapat Anda peroleh ketika menggunakan CloudFlare pada website bisnis Anda.

Mempercepat Kinerja Website

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa CloudFlare dapat menangani hosting dengan platform besar serta membuatnya bekerja lebih baik. Hal tersebut dikarenakan caching smart system CloudFlare berarti Anda menghemat bandwidth, yang berarti menghemat uang, dan mengurangi beban pada server Anda. Hal ini membuat aplikasi website Anda dapat berjalan lebih cepat dari sebelumnya.

Rata-rata, pelanggan CloudFlare melihat penurunan 60% dalam penggunaan bandwidth dan 65% dalam permintaan total untuk server mereka. CloudFlare akan memotong waktu membuka untuk halaman di situs Anda dengan 50%, yang berarti lebih tinggi dan dapat membuat pengunjung lebih nyaman mengakses website Anda

Website Lebih Aman

CloudFlare security protections memiliki berbagai perlindungan terhadap serangan seperti hacking, DDoS atau spam yang dikirim ke blog atau form komentar. Menariknya, jika situs down, CloudFlare akan terus melayani cached data sampai situs up kembali.  Anda dapat memblokir akses situs dari daerah atau negara tertentu, jika menerima banyak serangan dari negara-negara tersebut.

Mudah Diaktifkan Pada Shared Hosting atau VPS

Anda dapat mengunjungi website cloudflare.com dan melakukan pendaftaran disana secara gratis. Kemudian tambahkan domain Anda dan secara otomatis CloudFlare akan mendeteksi nameserver dan IP address dari host yang Anda gunakan saat ini. Cukup pilih pengaturan keamanan dan cache yang diinginkan dan klik next. Setelah semua proses dilakukan, copy nameserver yang diberikan CloudFlare dan masukkan ke registrar domain Anda.

Gratis

CloudFlare adalah layanan gratis, namun tetap terdapat pilihan paket premium untuk situs dengan trafik tinggi. Salah satunya dengan memberikan kemampuan untuk mengubah website hosting tanpa harus menunggu propagasi name server. Jika menggunakan CloudFlare, Anda dapat melakukan migrasi dalam beberapa menit, dibandingkan jika Anda tidak menggunakan CloudFlare, karena proses migrasi mungkin dapat menyita waktu Anda. CloudFlare memiliki banyak data center di seluruh dunia, sehingga pengunjung akan dilayani oleh data center yang terdekat dengan mereka. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan custom domain dengan blogger melalui CloudFlare.

Setelah mengetahui beragam kelebihan CloudFlare tadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Jangan ragu untuk menghubungi tim kami apabila Anda membutuhkan bantuan dalam mengelola hosting dan domain website.

Related posts: