Seringkali terjadi saat Anda mengakses halaman WordPress mendapatkan pesan berupa “Internal Server Error”. Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh file yang rusak pada htaccess dan batas memori PHP di server yang Anda gunakan. Namun demikian, ada juga kesalahan Internal Server Error yang muncul ketika Anda mencoba untuk mengakses area administrator sementara situs dapat bekerja dengan baik. Kira-kira apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Melakukan Pemeriksaan file .Htaccess

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami masalah Internal Server Error di WordPress adalah memeriksa file .htaccess yang rusak. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nama file utama Anda. Htaccess untuk nama lainnya misal htaccess_baxohost ataupun nama lainnya selain htaccess. Untuk mengubah nama file htaccess, cukup login ke server Anda menggunakan FTP.  Kemudian, silahkan cari di root situs Anda, atau mungkin Anda dapat menemukan file tersebut di wp-content, wp-admin, atau wp-includes.

Setelah mengganti nama file htaccess, cobalah untuk merefresh situs Anda untuk memeriksa apakah situs sudah bisa dijalankan kembali. Akan tetapi, jika masih sama maka penyebabnya kemungkinan bukan pada file htaccess. Sebelum Anda melanjutkan ke langkah selanjutnya, pastikan bahwa Anda pergi ke Settings -> Permalinks dan klik tombol simpan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan file htaccess yang baru.

Tingkatkan Memori Limit PHP di Situs

Apabila cara sebelumnya tidak berhasil mengatasi Internal Server Error, Anda bisa mencoba untuk melakukan cara berikutnya yaitu dengan melihat batas memori PHP di situs Anda. Jika melihat kesalahan Internal Server Error hanya pada admin WordPress Anda atau ketika sedang mengupload gambar di wp-admin Anda, maka cobalah untuk meningkatkan memori limit PHP di situs dengan cara-cara ini:

  1. Buat file kosong dan beri nama.
  2. Paste kode: memory=64MB, letakkan di file yang sudah dibuat tadi.
  3. Simpan file dan upload file di atas ke folder /wp-admin/ menggunakan FTP Anda.

Cara tersebut masih belum bisa mengatasi permasalahan yang ada? Mungkin kesalahan tidak terletak pada kapasitas memori limit PHP di situs Anda.

Uninstall Plugin Anda

Jika Internal Server Error terjadi pada halaman admin Anda sehingga admin panel tidak dapat diakses maka, cobalah untuk mencopot atau uninstall Plugin yang digunakan dengan cara:

  1. Masuk ke hosting anda gunakan FTP Anda.
  2. Silahkan masuk ke folder /wp-content/plugin Anda.
  3. Rename atau hapus semua plugin folder yang ingin di uninstall.

Masalah belum terselesaikan? Anda dapat mencoba untuk mengupload folder wp-admin dan wp-includes dari packet WordPress yang Anda download.

Tanyakan Pada Pihak Penyedia Hosting

Apabila langkah-langkah sebelumnya tidak juga berhasil, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyakan langsung ke pihak hosting mengenai error tersebut. Anda dapat meminta pihak hosting untuk mengirimkan log server, sehingga Anda dapat mengetahui penyebabnyas serta mintalah pihak hosting memperbaikinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan jasa penyedia hosting yang memiliki layanan pelanggan 24/7 non-stop.

Di Baxohost tentunya Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena tim ahli support kami akan melakukan tindakan pencegahan dan pemeliharaan berkala sesuai dengan spesifikasi setting server Anda. Tunggu apalagi? Segera hubungi kami!

Related posts: