Apabila Anda adalah seorang pebisnis online yang ingin meningkatkan trafik kunjungan pada website bisnis tersebut, maka salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan yaitu dengan memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) pada website. SEO sendiri merupakan langkah alternatif yang dapat Anda gunakan dengan memanfaatkan mesin pencari, seperti Google. Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan target audiens yang diinginkan, maka dapat dipastikan bahwa website Anda akan mendapatkan banyak kunjungan yang berasal dari mesin pencari tadi.

Pemasaran melalui SEO ini dapat dikatakan sebagai teknik pemasaran yang paling efektif dan praktis karena gratis dan konversinya cenderung lebih tinggi. Tanpa perlu berpikir panjang lagi, inilah 8 langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO website bisnis perusahaan.

Lakukan Riset Kata Kunci

Ketika Anda hendak membangun sebuah website untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, tentunya website tidak dibangun begitu saja tanpa adanya sebuah perencanaan. Langkah awal yang sangat penting dan harus Anda lakukan adalah dengan mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci pada suatu mesin pencari untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Anda dapat melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools. Layanan ini disediakan oleh Google secara gratis, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk Anda.

 Gunakan Domain Berisi Kata Kunci

Pada dasarnya, nama domain tidak harus berisi kata kunci. Hal ini bukanlah sebuah keharusan. Akan tetapi, dengan memasukkan kata kunci ke dalam nama domain tentunya akan sangat membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat. Misalnya, apabila Anda membuat sebuah web site yang menyediakan jasa SEO atau jasa backlink, Anda dapat menggunakan domain seperti, www.gudangbacklink.com, www.rajaseo.com, www.seomax.com, ataupun www.ratuseo.com. Sedangkan contoh domain yang tidak menggunakan keywords on domain biasanya adalah website perusahaan-perusahaan, contohnya www.google.com, www.facebook.com, www.twitter.com, serta www.yahoo.com.

Intinya, keywords on domain akan sangat menguntungkan untuk website Anda. Sebagai saran tambahan, Anda dapat menggunakan ekstensi yang sesuai dengan core bisnis, misalnya ekstensi dot com untuk sebuah situs komersial.

Memilih Platform Yang Tepat Untuk Website Anda

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda ingin membangun website dengan menggunakan platform apa saja yang disukai. Namun, apabila Anda ingin membuat sebuah situs yang Google friendly serta user friendly, maka platform WordPress adalah pilihan yang terbaik. Pada platform WordPress ini Anda dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan juga membantu tampilan situs agar terlihat lebih baik dan tentu menarik bagi para pengunjung.

Gunakan Permalinks Yang Baik

Pastikan setiap permalink postingan yang dibuat berisi judul postingan, karena permalinks yang baik dapat sangat membantu dalam memaksimalkan SEO website bisnis Anda. Hal ini juga merupakan alasan mengapa banyak website bisnis dibangun dengan menggunakan platform WordPress, karena di sana Anda dapat mengubah pengaturan permalink untuk setiap postingan. Caranya adalah dengan menggunakan custom struktur seperti, /%postname%/ atau /%postname.html.

Menambahkan Plugins SEO

Salah satu kelebihan WordPress adalah Anda dapat menginstall beragam plugins pendukung yang dapat membantu memaksimalkan SEO website bisnis Anda. Beberapa plugins WordPress yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
  • Google XML Sitemaps
  • SEO Friendly Images

Menciptakan Konten Berkualitas

Ada beberapa perdebatan menarik tentang standarisasi konten berkualitas, beberapa mengatakan bahwa artikel yang dibuat haruslah memiliki jumlah minimal 500-700 kata. Faktanya, tidak ada yang lebih baik dari menciptakan sebuah konten yang original. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda menciptakan konten yang belum pernah dibuat oleh website-website bisnis lainnya. Selain itu, Anda juga harus terus mengupdate konten website agar pengunjung tetap tertarik untuk melakukan kunjungan lagi di lain kesempatan.

Memanfaatkan Sosial Media

Di era digital seperti saat ini, sosial media juga memiliki peranan penting dalam memaksimalkan SEO website bisnis Anda. Sebaiknya Anda mulailah membuat akun pada beberapa sosial media seperti, Facebook, Twitter, Instagram, maupun Pinterest untuk memperkenalkan bisnis dengan mudah kepada para pengguna sosial media di seluruh dunia. Semakin bisnis Anda dikenal, maka akan semakin mudah pula Anda mendapatkan konsumen, bukan?

Membangun Backlinks

Algoritma pada suatu mesin pencari akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, perlu diketahu bahwa terdapat satu hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam alogaritma tersebut, yaitu backlinks. Hal penting yang harus tetap Anda perhatikan adalah dengan membangun backlinks yang berkualitas. Anda dapat melakukannya dengan cara blog walking atau berkomentar pada blog-blog yang lain atau memanfaatkan situs social media serta situs bookmarking.

Itulah tadi beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO website bisnis. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, sebaiknya Anda menyewa seorang webmaster yang mengerti tentang SEO. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang cara memaksimalkan SEO website bisnis Anda, ya!

Related posts: