Anda tentunya sudah tahu bahwa Operating System Android terus dikembangkan dengan mengusung nama kode yang dinamai berdasarkan “dessert“. Setiap versi dirilis sesuai urutan alfabet, yaitu Cupcake – 1.5, Donut – 1.6, Eclair – 2.02.1, Froyo – 2.22.2.3, Gingerbread – 2.32.3.7, Honeycomb – 3.03.2.6, Ice Cream Sandwich – 4.04.0.4, Jelly Bean – 4.14.3, KitKat – 4.4+, Lollipop – 5.0+, Marshmallow – 6.0 dan Nougat – 7.0. Dengan demikian, seri terbaru Android akan diawali dengan huruf “O”, akankah diberi nama Oreo seperti yang ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu?

Terlepas dari apapun namanya nanti, pada 21 Maret 2017 kemarin, Google merilis preview developer pertama Android “O”  yang tersedia untuk Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, dan perangkat smartphone Pixel. Kabarnya, Google akan merilis sebanyak empat preview, dengan preview kedua datang pada bulan Mei, ketiga pada bulan Juni, dan keempat bulan Juli, hingga dirilis resmi pada kuartal ketiga tahun ini.

Apakah Anda sudah tak sabar untuk mengetahui fitur-fitur menarik apa yang akan ditanamkan pada Android O ini? Berikut informasi selengkapnya.

 Baterai Lebih Tahan Lama

Kata “Mbah” Google, fitur dan perbaikan yang paling banyak diharapkan pengguna adalah baterai yang lebih awet, sehingga pada seri terbarunya ini Android memberikan software pembatasan otomatis pada aplikasi yang berjalan di background. Software ini dapat membuat masa hidup baterai menjadi lebih panjang sehingga Anda tidak perlu mengisi daya baterai berulang kali.

Dapat Memilih Notifikasi

Android O juga memungkinkan Anda untuk memilih notifikasi apa yang ingin dilihat. Fitur baru saluran notifikasi ini dipercaya akan memberikan pengguna kontrol lebih untuk melihat jenis pemberitahuan tertentu sesuai yang diinginkan. Pengguna bisa memblokir atau menunda pemberitahuan, sehngga Anda tidak perlu lagi mengatur notifikasi secara manual seperti saat ini.

Dukungan Picture-in-Picture

Anda dapat menemukan dukungan picture-in-picture untuk aplikasi yang ada di Android O sehingga memungkinkan Anda untuk mengecilkan tampilan video ketika harus melakukan hal lain di waktu yang bersamaan. Para developer juga dikabarkan telah menyetel aspect ration dan interaksi custom dalam mengurangi ukuran jendela. Fitur ini tentu akan semakin memudahkan Anda, bukan?

Itulah tadi beberapa fitur terbaru yang dapat Anda temukan di Android versi terbaru O. Sebaiknya, Anda bersabar dulu menunggu tanggal rilis serta nama yang digunakan secara resminya nanti. Sampai jumpa!

Related posts: