Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Baxohost adalah penyedia layanan web hosting internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, Email atau DNS. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menempatkan sebuah  situs web di internet. Di samping itu, masing-masing komputer memiliki sebuah alamat yang berfungsi untuk saling terhubung dengan komputer lain. Alamat inilah yang dinamakan dengan IP atau Internet Protocol.

IP Address adalah cara yang unik untuk menemukan situs Anda di internet. Ada dua jenis alamat IP, yaitu statis, tetap atau berdedikasi dan berbagi. Untuk memudahkan Anda memahami keduanya, inilah beberapa perbedaan dedicated IP dan Shared IP yang perlu diketahui.

Dedicated IP

Dedicated IP adalah satu-satunya alamat yang hanya dimiliki oleh website Anda. Alamat IP jenis ini banyak digunakan oleh pengguna swasta yang ingin memiliki Sertifikat Secure Sockets Layer (SSL). Apabila Anda menjalankan bisnis toko online yang mungkin terdapat nomor rekening pedagang, informasi kartu kredit dan pembayaran atau Anda perlu untuk mentransfer beberapa kutipan penting dan file, dedicated IP adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, dedicated IP sangat dianjurkan untuk pemilik situs besar karena memiliki aktivitas yang tinggi di situs tersebut. Dengan demikian, Anda dapat memilih dedicated server hosting dengan dedicated IP. Akan tetapi, Anda membutuhkan biaya lebih banyak jika dibandingkan dengan ketika menggunakan shared IP yang belum memiliki kontrol lebih pada server.

Shared IP

Shared IP dapat digunakan oleh dua atau lebih website dan domain. Sebagian besar situs kecil atau menengah seperti blog, forum biasanya menggunakan shared IP. Bagi Anda yang tidak memiliki Sertifikat SSL, untuk mengenkripsi transaksi online tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan alternatif lain untuk layanan pembayaran seperti PayPal. Lantas, apakah shared IP lebih lambat untuk diakses jika dibandingkan dengan Dedicated IP? Tentu saja tidak! Perlu diketahui jika kecepatan sebuah situs web tergantung pada kecepatan server dan jenis server dimana situs host, tidak bergantung pada alamat IP.

Terlepas dari Dedicated IP atau Shared IP yang Anda gunakan, semua harus dikembalikan pada kebutuhan situs dan budget yang dimiliki. Ingin tahu informasi lebih banyak? Silahkan hubungi tim support kami di nomor kontak yang telah tersedia.

Related posts: