Spam adalah penggunaan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengirimkan pesan berkali-kali tanpa dikehendaki oleh penerimanya, nah orang yang melakukan spam itulah yang disebut spammer. Tujuan pesan itu tentunya untuk keuntungan tertentu bagi spammer tersebut. Bayangkan, jika website milik Anda ditulis oleh orang lain yang bisa menulis konten dan memposting di website Anda secara bebas. Hal itu tentu sangat mengganggu, bukan? Berikut ini adalah cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mencegah spammer memposting di WordPress.

Matikan Fitur Membership

Pada dasarnya fitur membership sudah disediakan oleh WordPress. Artinya website Anda bisa menjadi situs dimana orang-orang memiliki akses ke bagian dalam website, tentunya dengan batasan-batasan tertentu. Akan tetapi, fitur tersebut bisa Anda matikan dengan cara menonaktifkan fitur membership tersebut, seperti berikut:

  1. Dari dashboard admin, pergi ke menu: Settings – General.
  2. Pada halaman General Settings, hilangkan tanda centang pada bagian checklist “Membership”
  3. Begitu tanda centang dihilangkan, maka fitur membership akan non-aktif.

 

Gunakan Google ReCaptcha

Selain spam berupa tulisan dari halaman back end tentunya kamu juga harus mencegah adanya komentar dari para spammer. Pasalnya, komentar-komentar tersebut akan mengganggu kenyamanan pengunjung website Anda. Terlebih jika komentar menggunakan bahasa yang kurang sopan. Nah, Google ReCaptcha ini bisa digunakan dengan maksimal untuk mencegah komentar spam.

ReCaptcha adalah cara yang cukup bagus untuk menghentikan komentar spam jika spammer menggunakan software otomatis untuk berkomentar pada website WordPress. Cara ini berjalan dengan menggunakan auto generate sebuah gambar dari karakter dan visitor Anda dapat membuktikan jika mereka manusia, dengan mengetikkan karakter sesuai gambar yang muncul ke dalam kolom yang tersedia.

Pasang Plugin Akismet

Plugin Askimet cukup populer digunakan untuk menghentikan komentar spam adalah Akismet. Nama Akismet berasal dari Automatic dan Kismet. Automatic adalah perusahaan di balik Akismet, dan didirikan oleh pendiri WordPress, Matt Mullenweg. Plugin ini mengirimkan semua komentar pada website ke server Akismet dan akan melakukan pengecekan menggunakan algoritma kompleks. Algoritma ini merupakan sejenis mesin yang dapat mempelajari alias Artificial Intelligence dengan melihat riwayat spam dari tindakan yang diambil oleh situs web berbasis wordpress yang mengaktifkan layanan Akismet. Contoh, ketika sejumlah situs mulai melaporkan suatu komentar yang mengandung kata-kata tertentu sebagai spam, maka Akismet akan belajar untuk mengidentifikasi jenis konten tersebut sebagai SPAM di masa yang akan datang.

Sudah tahu, kan, bagaimana cara efektif mencegah postingan spammer di website Anda? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Related posts: