ionCube adalah salah satu produk encoder PHP yang bisa Anda temukan di pasaran. Dengan encoder, maka source code PHP Anda dapat diproteksi dan bisa diletakkan di server hosting dengan lebih aman. Perlu diketahui bahwa administrator server hosting maupun pengunjung website Anda tidak dapat mengintip source code program Anda.

Tak perlu panjang lebar lagi, inilah cara install ionCube di server Ubuntu 16.04. Pastikan jika Anda telah memiliki satu Ubuntu 16.04 server dengan pengguna non-root dan firewall. Selain itu, Anda juga membutuhkan sebuah website server yang sudah terintastal PHP, seperti Apache atau Nginx. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Step 1 – Memilih Versi ionCube dengan Tepat 

Memilih versi ionCube secara tepat adalah langkah terpenting, sehingga pertama, Anda terlebih dahulu wajib mengetahui:

  • Versi PHP web server yang sedang berjalan, dan
  • Tentukan apakah itu adalah 32-bit atau 64-bit.

Jika Anda memiliki 64-bit Ubuntu Server, maka Anda mungkin menjalankan 64-bit PHP, tapi hal tersbut harus bisa dipastikan. Untuk melihat versi php anda, caranya adalah buat file php sederhana dengan isi file seperti berikut:

<?php phpinfo();?>

Setelah menyimpan perubahan tadi, silahkan kunjungi http: //your_server_ip/info.php di browser favorit Anda. Halaman website yang Anda buka terlihat seperti ini (tampilan tersebut hanya contoh, versi PHP Anda dapat berbeda dengan yang dicontoh) :

Ubuntu 16.10 default PHP info

Dari halaman tersebut, header di bagian atas itulah yang dikatakan PHP Version. Kali ini, kami menjalankan 7.0.8. Kemudian, perhatikan baris System. Jika berakhir dengan x86_64, maka Anda menjalankan PHP 64-bit, tetapi jika berakhir dengan i686, itu berarti Anda menjalankan PHP 32-bit.

Dengan informasi ini, selanjutnya Anda dapat melakukan download dan instalasi.

 

Step 2 – Menyiapkan ionCube

Kunjungi halaman download ionCube dan temukan link download yang sesuai berdasarkan OS Anda. Dalam contoh ini, kita membutuhkan Linux versi 64-bit. Copy link tar.gz di situs tersebut dan unduh file.

wget http://downloads3.ioncube.com/loader_downloads/ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz

Selanjutnya, ekstrak arsip tersebut

tar xvfz ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz

Script diatas akan membuat sebuah direktori bernama ionCube yang berisi berbagai file untuk berbagai versi PHP. Pilih folder yang tepat untuk versi PHP Anda. Dalam contoh ini, kita perlu file PHP versi 7.0, yaitu ioncube_loader_lin_7.0.so. Kemudian kami akan menyalin file ini ke folder ekstensi PHP.

Untuk mengetahui letak folder ekstensi, periksa http: Halaman //your_server_ip/info.php lagi dan cari extension_dir.

extension_dir PHP configuration directive

Untuk PHP memuat ekstensi, Anda perlu menambahkannya ke konfigurasi PHP. Hal tersebut bisa dilakukan di file konfigurasi php.ini , atau Anda bisa juga menambahkan file konfigurasi yang terpisah untuk menghindari kemungkinan konflik.

Untuk mengetahui di mana kita harus membuat file konfigurasi kustom, lihat di http: //your_server_ip/info.php lagi dan cari Scan this dir for additional .ini files.

Additional PHP configuration files

Jadi, kita akan menciptakan sebuah file bernama 00-ioncube.ini di dalam direktori /etc/php/7.0/apache2/conf.d. Kode 00 pada awal nama file digunakan untuk memastikan bahwa file ini akan dimuat sebelum file konfigurasi PHP lainnya.

Terakhir, pastikan jika ekstensi PHP berhasil diinstal dan tersedia.

Step 3 – Verifikasi Instalasi ionCube

Kembali pada http: // server page ip / info.php Anda, refresh halaman dan mencari “ionCube” kata kunci. Sekarang Anda akan melihat with the ionCube PHP Loader (enabled):

ionCube installed

Tulisan tersebut menegaskan bahwa ekstensi PHP ionCube telah dimuat pada server Anda.

Sebaiknya Anda menyembunyikan atau menghapus file info.php sudah dibuat sebelumnya Karena memungkinkan potensi penyerang untuk melihat informasi tentang server Anda.

sudo rm /var/www/html/info.php

Selesai! ionCube sekarang telah sepenuhnya diatur dan dapat berfungsi dengan baik.

Related posts: