Halo Baxo Pals,

Artikel kali ini akan membahas bagaimana sih cara install database server di Debian? Kalian semua tentunya sudah tahu Database dan Debian itu apa kan? Bagi yang belum tahu begini penjelasannya :

Debian adalah sistem operasi gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU. Kemudian, inti Debian sendiri menggunakan kernel Linux, sehingga biasanya Debian dikenal dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Mint, Knoppix, Xubuntu dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.

Di sisi lain, Database berfungsi sebagai media penyimpanan data-data ataupun informasi penting. Pada umumnya, web server yang kompleks memerlukan adanya Database server sebagai media penyimpanan datanya. Database server ini bisa digunakan secara terpisah ataupun bersamaan dengan web server itu sendiri. Pada umumnya aplikasi Database server yang digunakan adalah MySQL karena kemampuannya yang sudah terbukti stabil.

Tanpa berlama-lama lagi, simak cara-cara untuk menginstall Database server di Debian :

Install  Database Server di Debian

Langkah awal yang bisa dilakukan cukup dengan menginstall aplikasi MySQL, kemudian isikan password untuk user default root pada MySQL tersebut. Anda bisa menggunakan MySQL 5 sebagai Database server pada tutorial kali ini.

Cara Konfigurasi Database Server di Debian

Sebenarnya pada saat instalasi MySQL selesai, maka database server secara otomatis dapat digunakan. Akan tetapi, jika Anda ingin merubah konfigurasinya, seperti merubah Port default MySQL, ataupun mengkonfigurasi agar MySQL server dapat diakses melalui komputer lain selain dari localhost.  Anda bisa mengedit file berikut:

Setelah selesai mengkonfigurasi, pastikan Anda merestart daemon MySQL tersebut.

Nah, itulah tadi cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menginstall Database server di Debian. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Related posts: