Bagi Anda para Web Developer, Hosting tentunya bukan sesuatu yang asing, apalagi sebuah Website selalu membutuhkan Hosting. Anda pun pasti tahu bahwa Hosting sangat mempengaruhi citra Website Anda dimata pengunjung, sehingga Anda pasti menginginkan Hosting berkualitas tinggi agar Website Anda dapat diakses dengan mudah dan cepat. Tetapi tahukan Anda bahwa kualitas produk dan pelayanan setiap penyedia Web Hosting berbeda-beda? Bagaimana cara memilih penyedia Web Hosting terbaik? Simak beberapa cara-cara jitu untuk memilih Hosting terbaik.

  • Pelayanan dari Tim Support

Apakah Anda pernah mengalami down pada server Anda di malam hari, kemudian tidak ada Tim Support yang membantu untuk membenahi server tersebut? Atau Anda pernah mengalami kerusakan pada server tetapi, Tim Support dari server tersebut tidak memberikan bantuan apapun untuk memperbaiki kerusakan itu? Tentunya Anda akan kerepotan untuk melakukan perbaikan server tanpa tim yang memadai. Sehingga ketersediaan dan pelayanan ramah dari Tim Support akan sangat membantu meringankan pekerjaan Anda. Pilihlah penyedia Web Hosting dengan Tim Support terbaik.

  • Kecepatan Server

Salah satu faktor yang mempengaruhi citra Website Anda yaitu kecepatan Website Anda. Bayangkan jika pengunjung mengunjungi Website Anda kemudian Website Anda sangat lambat. Perhatikan kembali spesifikasi server yang akan Anda gunakan agar Website tetap nyaman ketika diakses oleh pengunjung. Pilihlah spesifikasi server dengan kualitas terbaik dan cocok dengan kebutuhan Website Anda.

  • Uptime Server dan Jaringan

Anda tentunya tidak ingin Website Anda down atau tidak dapat diakses oleh pengunjung, sehingga perhatikan kembali penyedia Web Hosting yang Anda pilih. Uptime server dan jaringan dipengaruhi oleh mesin, jaringan dan keamanan. Perhatikan apakah Hosting tersebut sering mendapat serangan seperti brute force (user yang mencoba untuk mengakses admin Website). Hal itu dapat membahayakan Website Anda karena Website Anda akan down.

  • Back Up Data

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan data-data Website Anda karena berbagai alasan tertentu? Tentunya hal ini sangat mengganggu pekerjaan dan menghabiskan waktu Anda. Pastikan kembali bahwa penyedia Web Hosting membantu Anda untuk melakukan back up data Anda. Tanyakan pada mereka jangka waktu mereka melakukan back up data Anda agar Anda tidak kehilangan data-data penting tersebut.

  • Sistem Keamanan

Bayangkan jika tiba-tiba pada Website Anda, muncul gambar-gambar yang dapat menimbulkan kontroversi?  Anda dapat mengalami kerugian yang besar apalagi jika data-data Anda diduplikat atau hilang oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Sistem keamanan server sangat penting untuk mencegah hal-hal tersebut. Tanyakanlah sistem keamanan dari server yang akan Anda gunakan ke penyedia Web Hosting. Apakah mereka sudah memasang sistem keamanan terbaik atau mereka telah memasang firewall untuk mencegah aktifitas yang tidak wajar.

  • Fasilitas dari Hosting

Setiap Web Developer tentunya ingin membangun sebuah Website dengan berbagai fitur-fitur yang canggih. Hal ini tidak dapat dilakukan jika hosting Anda tidak mendukung fitur-fitur tersebut. Sebelum Anda membeli Hosting, cek kembali apakah fasilitas dari Hosting sudah mendukung fitur-fitur yang Anda inginkan. Pada umumnya, terdapat beberapa hal yang seharusnya sudah terpasang pada Hosting, seperti PHP, Database MySQL, Perl dengan versi yang cukup baru. Fitur lainnya seperti akses mailbox melalui IMAP, POP3 maupun forwarding. Sedangkan, untuk memudahkan Anda melakukan pengunggahan Website, harus terdapat fitur FTP, SSH, Control Panel dan lain-lain. Tidak lupa juga harus terpasang Anti-Virus dan Anti-Spam.

  • Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas perusahaan penyedia Web Hosting sangat penting untuk keberlangsungan Hosting Anda. Cek kembali badan usaha dari perusahaan tersebut, lokasi perusahaan, lamanya perusahaan berdiri dan hal-hal lain yang dapat mendukung kredibilitas perusahaan tersebut. Karena hal ini dapat berbahaya jika tiba-tiba perusahaan tersebut hilang atau tutup tanpa mempertanggung jawabkan Hosting yang sudah digunakan oleh Anda.

  • Fasilitas Tidak Unlimited

Ada beberapa fitur yang biasanya membuat CPU load menjadi tinggi, seperti Website-nya sendiri, FTP, database dan mailing list. Hal ini membuat perusahaan penyedia Web Hosting membatasi jumlah dari fitur-fitur tersebut. Jika Anda menggunakan perusahaan penyedia Web Hosting yang tidak membatasi hal tersebut, bayangkan bagaimana jika ratusan user menggunakan fitur-fitur tersebut secara bersamaan, maka server akan sangat lambat bahkan down. Ulaslah kembali pilihan Anda jika perusahaan penyedia Web Hosting tersebut menawarkan fasilitas unlimited.

  • Spesifikasi Server

Pilihlah server dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhkan Website Anda. Ada beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan, seperti kapasitas hosting, batasan transfer data, Memory RAM, AddOn Domain, Parked Domain dan lokasi server.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mempertimbangkan 9 hal diatas?

Baxohost sebagai penyedia layanan server hosting menyediakan semua dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Servis kami didukung dengan layanan customer support 24/7. Kami berusaha memberikan layanan terbaik bagi dan kenyamanan bagi anda seperti dirumah anda sendiri.

Source :
www.blogger-nganjuk.blogspot.co.id
www.jurnalweb.com
www.qwords.com

Related posts: