Siapa sangka jika domain yang telah Anda beli bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang? Pasalnya, membeli sebuah nama domain sama berisiko dengan membeli rumah. Anda harus cermat memilih lokasi yang strategis dan terbaik agar nama domain itu bisa memberikan banyak keuntungan untuk diri sendiri. Selektif dalam memilih nama domain populer juga menjadi kunci sukses bagi Anda yang tertarik untuk bergelut di bidang ini. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan?

Pastikan Memilih Top Level Domain Potensial

Saat ini ekstensi domain paling populer di dunia adalah .com. Domain ini digunakan oleh hampir lebih dari 50% website yang ada di seluruh dunia. Sisanya menggunakan domain lain yang juga tersedia bebas. Hanya saja, tidak ada ekstensi domain lain yang sanggup menggeser popularitas .com. Faktanya, pada tahun 2010 Facebook dikabarkan telah membeli sebuah nama domain  fb.com dari American Farm Bureau Federation seharga $ 8,5 juta. Hal tersebut dapat membuktikan jika domain .com adalah domain yang paling dicari. Oleh karena itu, potensi memiliki domain .com untuk dijual kembali  demi memperoleh keuntungan tentu semakin besar, bukan?

Lakukan Riset Pasar

Perubahan yang ada di internet biasanya berlangsung sangat cepat, sehingga Anda perlu secara kontinu melakukan riset pasar. Bersikaplah terbuka atas peristiwa terbaru, tren budaya populer, serta tren industri untuk dapat membuat nama domain yang pada awalnya biasa-biasa saja mendadak banyak diminati. Nah, ada baiknya jika Anda terus update agar tidak melewatkan kesempatan yang ada. Pasalnya, terlambat sedikit saja, keberuntungan bisa berpindah ke kompetitor Anda.

Jangan Remehkan Domain yang Pernah Terdaftar

Maksud dari domain yang pernah terdaftar adalah nama sebuah domain yang telah kadaluarsa dan tidak diperpanjang kembali. Padahal dalam beberapa kasus, domain yang pernah terdaftar itu masih memiliki potensi traffik, artinya masih secara aktif diakses oleh pengguna internet. Domain seperti inilah yang dapat Anda jual dengan harga lebih mahal.

Akan tetapi, Anda tetap harus waspada dalam membeli nama domain yang pernah terdaftar. Kami sangat menyarankan agar Anda mengecek terlebih dahulu history domain sebelum transaksi terjadi. Hal ini merupakan langkah antisipasi, untuk menghindari kemungkinan domain yang ingin Anda beli telah di “blacklist” atau masuk di “sandbox” Google sehingga tidak dapat tampil di mesin pencari.

Apakah Anda tertarik untuk berbisnis domain seperti ini? Pesan sekarang juga sebelum pesaing Anda memilikinya lebih dulu. Segera hubungi kami di kontak yang tersedia dan dapatkan penawaran menarik dari Baxohost.

Related posts: