Dilansir dari laman Kompas, Samsung Galaxy S8 dikabarkan siap segera rilis dan beredar di pasar pada bulan April mendatang. Isu terkait smartphone unggulan Samsung tersebut semakin mengalir di internet sejak beberapa minggu terakhir. Anda tertarik untuk memiliki seri kelanjutan dari Samsung Galaxy S ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Desain Layar Lebih Besar

Samsung Galaxy S8 memiliki varian layar 5,7 inci dan 6,2 inci, dimana ukuran ini di luar kebiasaan lini seri Galaxy S, sedangkan umum dipakai pada lini phablet Galaxy Note. Smartphone hasil pabrikan Korea Selatan tersebut, diduga ingin menjadikan Samsung Galaxy S8 sebagai pengganti Galaxy Note 7 yang produksinya telah dihentikan sejak Oktober lalu. Ukuran layar yang lebih besar tersebut juga dimungkinkan dengan desain layar tanpa bingkai (bezel) yang membuat rasio bodi dan layar  lebih luas.

Terdapat Teknologi 3D Touch

Berbeda dari pemindai sidik jari yang kini sudah menjadi fitur standar dan hampir ada di seluruh jajaran smartphone keluaran terbaru, teknologi 3D touch ala iPhone 6s dan iPhone 7 dikabarkan juga akan disematkan pada Samsung Galaxy S8 ini. 3D Touch merupakan fitur yang mengandalkan hardware display “pressure sensitive”, di mana ponsel mampu mengukur tekanan jari pengguna di atas layar. Pengukuran tekanan ini selanjutnya dapat digunakan untuk memunculkan menu tambahan pada tampilan antarmuka ponsel. Misalnya, dengan menekan dan menahan jari di atas ikon aplikasi, ponsel bisa memunculkan pilihan baru.

Didukung Sistem Operasi Android 7.0 Nougat

Sistem operasi Android terbaru merupakan versi 7.0 Nougat, dimana saat ini hanya beberapa tipe smartphone yang sudah menjalankannya, itu pun masih hanya sebatas smartphone model premium saja. Menariknya, Samsung Galaxy S8 yang akan segera dirilis pun didukung dengan Sistem Operasi Android 7.0 Nougat. Dimana diketahui teknologi ini sudah mendukung penggunaan layar pressure sensitive sehingga sangat memungkinan implementasi fitur ala 3D Touch.

Menggunakan Snapdragon 835 Buatan Qualcomm

Samsung Galaxy S8 dikabarkan akan dilengkapi dengan Snapdragon 835 buatan Qualcomm yang baru diluncurkan beberapa saat lalu. Chipset tersebut memang diproyeksikan untuk perangkat premium keluaran 2017. Snapdragon 835 memiliki proses fabrikasi 10nm FinFET sehingga dapat dikatakan performanya lebih tinggi 27 persen, ukuran fisik lebih mungil 30 persen, dan hemat daya 40 persen ketimbang Snapdragon 820. Selain prosesor Snapdragon 835, Galaxy S8 akan bekerja dengan arsitektur Kyro 200 berinti delapan (octa-core) sehingga performanya maksimal.

Dengan prosesor demikian, Samsung Galaxy S8 diharapkan mampu menyambung ke jaringan 4G LTE dengan kecepatan hingga 1 Gbps. Selain itu, daya isi ulang baterai cepat generasi keempat juga dimungkinkan, dengan proses pengecasan dari kosong hingga 50 persen selama 15 menit.

Kabar gembira bagi Anda yang gemar fotografi, Samsung Galaxy S8 ini akan mengusung kamera depan dengan kekuatan 8 MP lengkap dengan lensa wide-angle, serta kamera utama sebesar 16 MP dengan perekaman 4K dan dual LED flash. Benar-benar smartphone premium yang layak untuk dibeli, bukan?

Related posts: