Virtual Private Server atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah VPS merupakan solusi tepat untuk website bisnis yang memerlukan kapasitas ruang penyimpanan besar dengan jumlah kunjungan atau trafik yang tinggi. Jenis server satu ini tentu cocok untuk usaha dan bisnis yang tengah Anda jalani. Pasalnya, apabila Anda memiliki perusahaan besar, maka yang dibutuhkan oleh website bukan hanya sekedar resource atau strategi marketing handal untuk mengundang lebih banyak orang berkunjung ke  website perusahaan. Ada sebuah kebutuhan penting lain yang harus diperhatikan, yakni server.

Seperti yang telah Anda pahami bahwa ada tiga jenis server, Dedicated Server, Shared Hosting dan Virtual Private Server (VPS). Dimana VPS, sesuai namanya yaitu “Private”, pengguna dari server ini lebih ke private. Oleh sebab itu, resource VPS hanya digunakan oleh pengguna sendiri tanpa ada user lain yang menggunakan resource dari VPS tersebut. Lantas, apakah website perusahaan Anda benar-benar membutuhkan VPS?

Kapasitas RAM dan Disk Pribadi

Banyak website perusahaan besar memilih untuk menggunakan VPS karena jenis server yang satu ini memiliki kapasitas RAM dan Disk Pribadi, sehingga performa pada server ini jauh lebih baik daripada menggunakan Shared Hosting. Distribusi kapasitas CPU untuk website yang menggunakan VPS ini pun akan bergantung pada provider masing-masing. Dimana akan ada provider dengan kapasitas yang lebih besar, dan ada pula provider yang tidak memberikan kapasitas besar. Dengan jumlah kapasitas tersebut, pengguna VPS tentu bisa memasang berbagai software yang diperlukan.

VPS Memiliki Fitur Burstable RAM

Burstable Memory bukanlah sebuah fitur biasa. Fitur ini dapat dibayangkan sebagai sebuah cadangan kapasitas RAM yang bisa digunakan oleh server sewaktu-waktu saat memperoleh trafik tinggi secara tidak terduga. Dengan meningkatnya trafik dalam satu waktu ini, maka cadangan RAM pun dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan RAM yang tidak didapatkan oleh VPS dari kapasitas yang diberikan oleh provider. Hal tersebut tentu saja dapat menghindari website mengalami down.

Menariknya, Burstable RAM ini pun mampu bekerja dengan website untuk menghindari digg effect, yaitu efek yang biasanya muncul ketika website mengalami down karena mendapatkan trafik dengan jumlah yang tak terduga. Peningkatan trafik pada website ini menjadikan server bekerja ekstra keras untuk menyediakan ruang bagi semua visitor website dalam satu waktu. Website perusahaan Anda yang berkembang pesat tentu membutuhkan VPS demi kenyamanan pengunjung.

Dengan menggunakan VPS pada website perusahaan, Anda tentu akan mendapat sederet keuntungan. Mulai dari privasi yang lebih terjaga dengan user menyediakan nyaris seluruh elemen hosting, mulai dari software dan berbagai plugin yang dibutuhkan. Bahkan pengguna sendiri yang nantinya akan menangani sebagian besar dari proses penanganan yang digunakan pada hosting nantinya. Jelas berbeda dengan penggunaan Shared Hosting yang lebih rawan.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan VPS untuk website perusahaan Anda? Tim Baxohost akan dengan senang hati melayani kebutuhan Anda. Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

Related posts: