Beberapa dari Anda mungkin masih bingung dengan apa itu yang dinamakan Cloud Server, VPS dan Web Hosting. Apa perbedaan diantara ketiga istilah tersebut dan bagaimana menyesuaikan dengan kebutuhan Anda? Jika memang belum benar-benar memahami istilah-istilah itu, sebaiknya Anda berhati-hati. Jangan terlena dengan penawaran harga yang murah, namun akhirnya tidak sesuai dengan kebutuhan yang Anda. Inilah penjelasan dariCloud Server, VPS dan Web Hosting yang semoga dapat membantu Anda untuk lebih memahami istilah dari produk tersebut.

Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang menyewakan ruang untuk aplikasi berbasis web milik Anda, dimana Anda dapat menggunakan nama domain yang dimiliki untuk diarahkan ke aplikasi tersebut. Biasanya pengguna akan diberikan fasilitas manajemen aplikasi, seperti upload atau download file untuk website maupun database.

Platform yang disediakan pun bervariasi, mulai PHP hingga database mySQL. Selain itu, Anda akan diberikan akun email dengan domain yang disediakan oleh penyedia layanan. Layanan ini memiliki harga paling murah. Akan tetapi, memiliki keterbatasan hanya pada platform yang disediakan. Pada umumnya, penyedia layanan hanya menyediakan 1 fisik server yang dibagi bersama pelanggan lain untuk menekan harga jual. Oleh karena itu, kualitas layanan juga akan terbatas dengan kondisi tersebut.

Virtual Private Server (VPS)

VPS adalah layanan yang menyewakan server virtual. Perbedaan VPS dengan Web Hosting adalah Anda memiliki kebebasan menentukan sistem operasi dan platform yang digunakan sehingga Anda dapat mengoptimalkan layanan bisnis online. Layanan ini memiliki harga yang umumnya relatif lebih mahal dibandingkan dengan web hosting. Sayangnya, VPS tidak bisa mengakomodir kebutuhan koneksi privat antar server, sehingga ketika Anda membutuhkan konfigurasi yang lebih optimal untuk keamanan dan keandalan web online, VPS tidak dapat memenuhi. Anda pun harus berhati-hati dengan layanan VPS yang infrastrukturnya hanya terdiri dari 1 server fisik, dan dibagi dengan software virtualisasi sehingga dapat menampung banyak guest OS. Artinya, secara kualitas tidak jauh berbeda dengan Web Hosting dan kelebihannya hanya Anda memiliki kebebasan menentukan OS dan platformnya saja.

Cloud Server

Teknologi cloud berbeda dengan dua istilah sebelumnya. Cloud server memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” untuk difungsikan sebagai storage (disk virtual). Kemudian, beberapa server lain (Host) juga dijadikan “satu” agar dapat berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Platform cloud tersebut bisa berjalan pada beberapa server virtual (Guest). Teknologi cloud juga memungkinkan sekumpulan server virtual (Guest) dapat membentuk suatu network VLAN seperti layaknya server-server fisik yang terhubung dengan LAN. Kemudian, setiap pelanggan memiliki secure VLAN masing-masing yang tidak dapat diakses orang lain, sehingga aplikasi bisnis online Anda terutama di Indonesia, yang membutuhkan konfigurasi beberapa server dapat diakomodir oleh layanan cloud server.

Menariknya, layanan Cloud Server memberikan Anda kemudahan untuk menaikan atau menurunkan resource server, seperti jumlah Core CPU maupun jumlah RAM sesuai kebutuhan atau biasa disebut On Demand. Anda layak berhati-hati jika terdapat layanan mengaku Cloud Server terutama di Indonesia, tetapi tidak dapat memberikan fasilitas On Demand, karena teknologi ini yang membedakan Cloud Server dengan VPS. Pada layanan Cloud, Anda juga masih dapat berlanganan 1 server, dengan konsekuensi harga yang sedikit mahal namun kualitas tentu saja lebih baik karena infrastrukturnya terdiri dari beberapa server yang saling membackup.

 

Source : www.cloudindonesia.com

Related posts: