Tahukah kamu bahwa untuk meningkatkan kenyamanan pengguna Chrome saat menjelajahi internet dengan aman, Browser Chrome akan memberi label Non-Secure pada website yang menggunakan protocol HTTP (atau tanpa SSL)? Menurut kabar yang beredar kebijakan tersebut akan dimulai pada awal tahun 2017 dengan browser versi 56. Oleh karena itu, website yang bersifat mengumpulkan informasi seperti data pribadi ataupun transaksi, harus menggunakan SSL agar tidak berstatus Non-Secure ketika diakses menggunakan browser Chrome. 

Lantas seberapa penting SSL? Mengapa browser milik Google ini membuat kebijakan seperti itu? Simak penjelasannya berikut ini.

SSL atau Secure Socket Layer merupakan protokol keamanan yang saat ini sudah menjadi standar keamanan untuk melakukan suatu transaksi melalui internet. Hal tersebut dikarenakan jika suatu website yang melakukan transaksi tanpa menggunakan SSL sangat rawan terhadap penjahat – penjahat internet. Data – data yang sangat sensitif seperti Paypal dan Internet Banking bisa saja terbaca oleh para hacker.

Baxohost Chrome56

SSL tidak hanya bekerja untuk transaksi uang digital saja, transaksi data email saja juga perlu menggunakan SSL. Menurut banyak orang, data – data email juga bersifat sensitif dan penting. Penggunaan email saat ini sudah sangat banyak difungsikan untuk pengiriman data – data pribadi dan bersifat penting lainnya. Seperti halnya pengiriman data KTP, data laporan perusahaan, dan lainnya.

Pada protokol biasa, dimana protokol tersebut tidak menggunakan SSL, secara tidak langsung kita mengirimkan data menggunakan plain text / data asli sehingga yang terjadi, data – data penting tersebar tanpa adanya enkripsi. Oleh sebab itu, siapa saja dapat menangkap dan melihat data kita tanpa sepengetahuan kita.

baxohost_ssl-test

Jika masih bingung seberapa kebutuhan Anda terhadapt SSL, berikut ini adalah point penting kegunaan SSL:

Enkripsi Informasi Sensitif

Alasan pertama dan paling utama menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses transaksi melalui internet, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa informasi yang kita kirimkan melalui Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer satu ke komputer lainnya hingga mencapai server tujuan. Nomor Kartu Kredit, username, password, dan informasi sensitif lainnya apabila hal ini tidak dienkripsi maka semua akan dapat terlihat oleh orang lain.

Authentication

SSL juga menyediakan Authentication. Maksud dari authentication di sini adalah untuk memvalidasi server yang dituju, sehingga data yang terkirim tidak akan salah penerima atau menuju ke server orang lain.

PCI Compliance

SSL sebagai PCI Compliance atau Payment Card Industry Compliance. Hal ini juga sangat penting untuk Anda yang mempunyai system transaksi pada website Anda. Seperti Paypal atau Internet Banking akan memerlukan SSL sebagai persyaratan untu menggunakan layanan mereka.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Sudah pasti hal ini yang Anda inginkan. Kepercayaan pelanggan sangatlah penting. Dengan adanya SSL, pelanggan akan merasa transaksi / aktivitas yang mereka lakukan berjalan dengan aman karena semua data terenkripsi dengan baik.

 

Sumber: www.security.googleblog.com

Related posts: