Konten website merupakan faktor utama yang dapat menarik kunjungan para pengguna internet. Sebaik apapun tampilan website Anda, jika tidak dilengkapi dengan konten yang kurang menarik atau tidak berkualitas, maka website tentu akan jarang dikunjungi pengguna internet. Selain itu, website yang menyajikan konten yang itu-itu saja, dengan isi dan format yang selalu sama, juga akan ditinggalkan oleh pengunjung. Nah, bagaimana caranya agar website Anda jadi lebih menyenangkan?

Membuat Halaman Blog

Membuat blog merupakan cara yang efektif dan cukup mudah untuk membuat konten website jadi lebih menyenangkan. Pastikan bahwa Anda secara konsisten menulis artikel-artikel baru, bisa setiap hari atau beberapa hari sekali. Pada blog tersebut Anda bisa menulis hal-hal yang berkaitan dengan website bisnis Anda. Selain itu, artikel berupa tips biasanya akan sering dikunjungi pengguna internet, karena mengandung kata kunci yang berkaitan dan sering dicari oleh mesin pencari.

Misalnya ketika Anda memiliki website berupa toko online. Umumnya website tersebut akan diperbarui ketika ada unggahan foto koleksi terbaru. Akan tetapi bisa jadi tidak ada unggahan apabila tidak ada barang baru, sedangkan website harus selalu diperbarui untuk meningkatkan trafiknya. Jalan keluarnya adalah dengan menulis blog yang berisi artikel-artikel yang menarik.

Sediakan Kolom Testimonial

Khusus untuk Anda pemilik website bisnis, kolom testimonial dapat memberikan keuntungan besar untuk kredibilitas website Anda. Testimonial merupakan salah satu alat promosi yang terbilang cukup efektif. Anda bisa menampilkan testimonial pelanggan yang puas dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Testimonial ini bisa dibuat dalam bentuk tulisan, foto, maupun video. Tentunya, testimonial ini membuat website Anda lebih menarik.

Menambahkan Video, Gambar, Atau Infografis

Video merupakan salah satu media yang mampu menarik perhatian pengguna internet. Tampilan video kerap membuat penasaran para pengunjung. Selain itu, artikel pada website bisnis Anda akan lebih menarik jika dilengkapi dengan foto atau gambar karena bisa memberi gambaran tentang informasi secara visual. Gambar yang dimaksud bisa berupa foto, kartun, atau karikatur. Anda juga bisa menambahkan infografis yang juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Data-data yang ditampilkan bisa dalam bentuk tabel atau grafik. Infografis juga dapat meningkatkan kredibilitas artikel yang diunggah. Oleh karena itulah menampilkan video, gambar atau infografis di website dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Hindari Pasang Iklan Berlebihan

Salah satu hal yang membuat orang malas mengunjungi sebuah website adalah ada banyak iklan yang muncul selama mereka mengakses website tersebut. Termasuk dengan iklan pop up, yang jika tidak sengaja mengkliknya, Anda akan langsung terhubung ke website pengiklan. Apalagi jika hal tersebut terjadi ketika Anda mengakses website dengan ponsel, karena pengguna akan kesulitan untuk menutup iklan pop up tersebut. Penggunaan iklan berlebihan juga akan mengganggu tampilan website Anda di hasil pencarian mesin pencari.

Pastikan Semua Link Berfungsi dengan Baik

Umumnya, pengunjung yang sudah betah menggali informasi di website Anda akan mencoba untuk meng-klik link-link yang ada. Sayangnya, apabila mereka menemukan “Error 404” atau menemukan link yang rusak, tentu akan membuat mereka merasa kecewa. Salah-salah pengunjung jadi enggan kembali berkunjung ke website Anda. Pastikan semua link berfungsi dengan baik agar tidak mengecewakan pengunjung, ya!

Itulah tadi trik-trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat website menjadi lebih menyenangkan untuk dikunjungi. Ada trik lain yang sudah terbukti ampuh meningkatkan kunjungan website? Bagi informasinya di kolom komentar, ya!

Related posts: