Menjadi seorang programmer di era serba digital seperti saat ini tentu banyak memberikan keuntungan bagi Anda. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kemampuan coding maupun programming dengan baik jika tidak betul-betul mempelajari hal tersebut dengan serius. Profesi programmer tidak lantas dapat dianggap remeh, karena Anda juga membutuhkan pengetahuan-pengetahuan lain di luar coding. Misalnya, ketika Anda memperoleh klien yang ingin membangun website untuk sebuah sekolah, maka secara otomatis Anda pun dituntut untuk mempelajari tentang manajemen sekolah hingga akuntansi ketika terdapat program pembayaran di dalamnya.

Ditengah tuntutan deadline, Anda tentu akan mengalami tekanan-tekanan tertentu sehingga muncul stres. Padahal ketegangan ini juga dapat mempengaruhi kinerja Anda sebagai seseorang programmer. Untuk mencegah hal tersebut, 7 trik atasi stres berikut ini dapat dicoba.

Dengarkan Musik Favorit

Tidak ada larangan bagi seorang programmer untuk bekerja sambil mendengarkan musik favorit mereka. Musik yang memiliki efek menghibur tentu bisa memberikan rasa rileks bagi pikiran Anda yang sudah bekerja keras menyusun coding. Bahkan, menurut penelitian  yang dilakukan University of Maryland School of Medicine pada tahun 2008, mendengarkan musik yang Anda sukai selama 30 menit dapat menghilangkan rasa jenuh.

Buka Situs Humor

Anda merasa lelah dengan rentetan huruf dan angka di layar monitor? Cobalah untuk membuka situs humor selama beberapa menit untuk membuatmu tertawa. Banyak situs yang menyediakan konten lucu seperti situs 9gag.com atau 1CAK.com dan masih banyak lagi, di youtube juga banyak video lucu yang bisa Anda jelajah. Carilah sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa. Pasalnya, tertawa dapat merangsang endorphine, serotonin dan metanonin untuk keluar. Dimana ketiga zat ini mampu memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh dapat menjadi lebih tenang.

Manfaatkan Waktu Istirahat, Jangan di Depan Komputer Terus

Mulai sekarang cobalah untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya. Anda bisa berjalan keluar untuk menghirup udara segar atau jika memungkinkan cobalah berbaring sejenak untuk menyegarkan pikiran. Sebaiknya hindari makan siang di depan komputer. Ingat, makan siang adalah bagian dari waktu istirahat yang harus dinikmati.

Hindari Junk Food

Programming adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu dan tenaga dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu, makanan sehat diperlukan agar tubuh tetap fit. Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka otak bisa berjalan lancar dan mudah fokus sehingga pekerjaan dapat diselesaikan. Anda juga harus memperhatikan asupan air putih, jangan sampai tubuh jadi dehidrasi dan lemas karena kurang minum.

Ajak Rekan Kerja Mengobrol

Salah satu cara yang juga bisa menghindari stres adalah dengan berbincang-bincang santai bersama rekan kerja lainnya. Carilah topik-topik lain di luar pekerjaan, seperti tim sepak bola, pertandingan GP, atau bahkan film yang baru saja diputar perdana di bioskop. Cara ini juga bisa mengakrabkan Anda dengan rekan kerja sehingga suasana kerja menjadi lebih menyenangkan.

Trik-trik tadi dapat Anda lakukan untuk menghindari stres. Ingatlah bahwa programmer adalah manusia biasa. Anda programmer bukan supergrammer-man sehingga tetap membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Related posts: