Mengamankan cloud server berarti Anda juga mengamankan data dan mengefisiensi kebutuhan dalam pengelolaan website lainnya. Cloud server sendiri merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan antara komputer dengan suatu jaringan berbasis internet, sehingga Anda dapat menjalankan berbagai program dari sebuah komputer dengan menggunakan akses internet. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengamankan cloud server untuk website bisnis Anda, inilah tips-tips ampuh yang wajib diketahui!

Pilih Provider Server Cloud yang Handal

Selektif dalam memilih provider server cloud yang handal adalah langkah awal yang harus Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memiliki provider cloud yang dapat diandalkan. Semua hal yang Anda lakukan untuk melindungi server Anda mungkin tidak cukup jika provider Cloud Server yang Anda pilih memiliki sistem yang rentan dan tidak menyediakan layanan keamanan terbaik. Baxohost adalah salah satu pilihan terbaik yang mampu memberikan fitur terbaik dan terpercaya.

Gunakan Sistem Operasi yang Aman

Dalam hal mengamankan cloud server, memilih sitem operasi yang benar adalah juga merupakan salah satu kunci utamanya. Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk cloud server. Sementara banyak OS yang bekerja sangat baik pada PC mereka mungkin tidak ideal untuk server, perlu diingat bahwa Anda harus memilih salah satu yang paling sesuai dengan Cloud server Anda.

Terapkan Firewall

Anda dapat menerapkan Firewall untuk keamanan tambahan dan memastikan bahwa itu bekerja dan up-to-date. Terlepas dari tingkat optimasi pada server adalah pilihan yang tepat untuk menggunakan Firewall. Sebuah Firewall yang efektif dapat mencegah banyak serangan dan mencegah server Anda dari crash.

Hanya Gunakan Aplikasi yang Dibutuhkan

Perlu menjadi catatan bahwa setiap software tambahan atau aplikasi yang diinstal pada server Anda juga akan memberikan ancaman pada keamanan cloud server Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda hanya menggunakan aplikasi yang dibutuhkan saja sehingga terhindar dari ancaman.

Maintain Logs

Log cukup penting dan membantu untuk memperlihatkan permasalahn yang terjadi, sehingga Anda dapat segera menemukan solusi untuk masalah-masalah tertentu, yang kemudian kenapa perlu Anda melakukan maintain log. Semua sistem dan software log harus disimpan dengan aman.

Semoga tips-tips tadi dapat membantu Anda menambahkan keamanan yang lebih baik ke Cloud Server Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti perubahan dan menjaga server Anda up to date dengan update yang terbaru. Semoga informasi ini bermanfaat!

Related posts: