Sering kali kita menemukan banyak blogger yang menggunakan platform WordPress dalam membangun blognya baik untuk diri sendiri maupun kepentingan bisnis. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari banyaknya kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh platform ini yang jelas tidak dimiliki oleh banyak platform pesaing lainnya. Mulai dari kustomisasi desain hingga keamanan, WordPress jelas lebih unggul.

Untuk Anda yang masih ragu untuk menggunakan WordPress sebagai platform website, inilah 11 kelebihan yang harus diketahui!

Beragam Pilihan Themes dan Templates

Sudah bukan rahasia lagi bila themes maupun templates sebuah situs merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung. Terbukti ketika mereka masuk ke halaman situs Anda, maka kesan pertama yang ingin didapatkan adalah tampilan atau layout website yang menarik dan berkesan. Themes yang simple dan menarik tentu dapat membuat pengunjung merasa ingin berlama-lama di website Anda bahkan berkunjung lagi di kemudian hari.

Menariknya, WordPress memberikan pilihan themes dan templates yang tidak terbatas jumlahnya, Anda dapat menggunakan themes gratis yang sudah disediakan dengan jumlah yang tidak terbatas, ataupun mengedit sebuah themes gratis, atau bisa juga dengan membeli themes yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

Fasilitas Plugins

Kelebihan WordPress selanjutnya adalah Anda bisa menambahkan plugins-plugins tertentu untuk meningkatkan kemampuan sebuah blog. Ada banyak jenis plugins pada WordPress dengan fungsi yang beragam. Salah satunya adalah plugins All In One SEO Pack yang berfungsi untuk membantu optimasi website Anda di mesin pencari.

Masih banyak plugins yang bisa Anda gunakan untuk website maupun blog WordPress sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk menginstal plugins ke dalam web WordPress Anda. Pasalnya, Anda cukup hanya menginstal lalu mengaktifkan plugins tersebut. Beberapa plugins akan membutuhkan pengaturan, tapi kebanyakan plugins WordPress tersebut pun dapat diatur dengan mudah.

 

Struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari

Struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari adalah struktur permalink yang mudah dibaca oleh mesin pencari. Menariknya, dengan kelebihan WordPress kita dapat mengatur struktur permalink agar sesuai dengan judul artikel yang dibuat sehingga membuat setiap artikel tersebut mudah terbaca oleh mesin pencari dan tentunya hal ini juga membantu meningkatkan nilai SEO sebuah situs.

 

Support Widget

Support Widget merupakan fasilitas untuk mengatur blok modul pada side bar atau footer blog WordPress. Anda dapat menambah modul pada sidebar dan mengatur widget sesuai keinginan dengan cara drag and drop. Sangat mudah, bukan?

Link Management Terintegrasi

Kelebihan lainnya yang bisa Anda temukan pada platform WordPress adalah adanya link management terintegrasi sehingga sebagai pengelola situs Anda dapat dengan mudah memasang dan mengatur link ke situs lain. Sementara pada platform lain tidak ada fitur ini yang membantu Anda untuk memberikan link atau tautan ke situs lain yang direkomendasikan.

 

WordPress Dilengkapi Fitur Anti Spam

Spammers adalah salah satu masalah yang sering menggangu para pemilik website. Banyak spammers yang menggunakan software khusus untuk membuat komentar palsu agar link situs mereka berada pada halaman komentar di halaman situs Anda. Nah, untuk mengatasi hal ini WordPress menyediakan plugins gratis yang bernama Akismet. Fungsi plugins ini adalah menahan semua komentar spam yang terkirim ke dalam situs Anda.

 

Tagging

WordPress dilengkapi fasilitas tagging yang bertujuan agar Anda dapat memasukkan tag dengan kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang dibuat. Tag tersebut berfungsi agar situs Anda lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Dengan demikian hal ini tentu membantu meningkatkan nilai SEO situs Anda.

 

Fitur Blokir Visitor dari IP Tertentu

Inilah kelebihan lain dari WordPress.org, selain dapat menahan komentar spam di kotak spam, Anda juga dapat memblokir IP spammers agar tidak bisa mengakses situs Anda di kemudian hari. Tentu kolom komentar pada situs Anda terlihat lebih profesional, bukan?

 

Melihat Pengunjung Situs

Memasang google analytics adalah salah satu cara untuk mengetahui data tentang pengunjung situs Anda. Anda dapat membuat akun google analytics dan memasukkan script google analytics ke dalam blog atau website WordPress Anda. Menariknya, ada pula plugin yang bisa membantu untuk melihat asal pengunjung tersebut. Dengan memasang satu plugin yang bernama Who’s Online, Anda dapat melihat siapa dan dari mana asal pengunjung situs Anda.

 

Multiple Authors

Kelebihan WordPress yang lainnya adalah Anda tidak perlu menjadi penulis tunggal, sebab ada fitur Multiple Authors yang bisa digunakan. Dengan demikian, Anda dapat menambahkan penulis di blog WordPress dengan mudah dan praktis tanpa khawatir dengan keamanan situs kita.

 

Sangat Mudah Digunakan

Platform WordPress sangat cocok untuk level pemula karena pengguna tidak harus ahli dalam coding tetapi tetap dapat mengoptimalkan CMS WordPress. Pengguna dapat dengan mudah mengatur tampilan blog atau website dengan menggunakan HTML dasar. Berbagai penyedia template WordPress sudah memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan secara mudah.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Related posts: